olahraga di rumah untuk jaga tubuh tetap bugar
olahraga di rumah untuk jaga tubuh tetap bugar

MATA INDONESIA, Kebiasaan baru yang sudah menjadi rutinitas masyarakat akhir-akhir ini memicu semakin sedikitnya seseorang dalam beraktifitas.

Hal ini berdampak gaya hidup terutama dalam kesehatan diri. Padahal dimasa pandemi ini masyarakat sudah diimbau untuk tetap aktif. Seringnya timbul rasa malas karena olahraga yang sulit dan juga rasa kekhawatiran jika berolahraga di luar rumah menjadi pemicunya.

Salah satu Instruktur kebugaran Duo Shine Fitness, Oktaviani Rere mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Sebab, ada banyak jenis olahraga yang mudah dan sederhana namun tetap memberikan hasil yang efektif terutama untuk dilakukan dirumah. Berikut 5 olahraga sederhana menurut Oktaviani:

1. Jumping Jacks


Olahraga pertama yang sederhana dan mudah dilakukan yaitu jumping jacks. Olahraga ini sangat bisa anda lakukan didalam rumah tanpa harus berada didalam kerumunan orang. Gerakannya hanya dengan membuka tangan dan kaki lalu ditutup dan dilakukan seperti itu secara berulang. Menurut ahli kebugaran Duo Shine Fittness tersebut, Olahraga ini cukup dilakukan 30 kali/3 set dalam sehari.

2. Sit up


Sit up menjadi salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan di rumah. Selain bermanfat untuk kesehatan, olahraga ini juga dapat memberikan manfaat lain yaitu mampu mengencangkan otot pada bagian perut. Setidaknya lakukan olahraga ini 10 sampai 20 kali dalam sehari.

3. Squat Jump


Squat jump sangat mudah sekali untuk dilakukan. Tanpa memerlukan alat, olahraga ini hanya dilakukan dengan gerakan melompat lalu mendarat kebawah sampai posisi tubuh sedikit berjongkok. Squat jump berfokus pada kekuatan kaki dikarenakan gerakan melompat kemudian mendarat yang dilakukan secara berulang. Dengan melakukan olahraga ini kita dapat mengencangkan otot paha serta memperkuat kekuatan serta kelincahan pada kaki.

4. Plank


Yang satu ini merupakan olahraga yang memiliki gerakan paling sederhana. Olahraga ini dinilai memiliki efektifitas yang baik terutama dalam mengencangkan otot bagian perut. Olahraga ini cukup dilakukan dengan cara mengambil posisi push up, setelah itu menekuk kedua tangan hingga sejajar dengan bahu, kemudia tahan minimal 1 menit.

5. Aerobik


Aerobic adalah olahraga yang paling mudah dilakukan selama di rumah. olahraga ini patut menjadi rekomendasi terutama untuk kita yang mudah bosan. Aerobic dilakukan dengan gerakan yang memiliki berbagai macam variasi kemduian gerakannya selalu diiiringi dengan music yang dapat menambah semangat untuk melakukan aktifitas olahrga.

Berolahraga dimasa pandemi ini sangat dianjurkan sekali. ”Minimal 3 kali dalam seminggu, masing-masing gerakan dilakukan 30 kali/3 Set itu sudah cukup dan mampu memberikan efektifitas,” kata Okta.

Menurut wanita berusia 25 tahun ini hal yang paling penting adalah selalu lakukan pemanasan sebelum olahraga dan stretching sesudah berolahraga.

Reporter: Dhelana Unggul Parastri

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here