Anies Baswedan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif corona (COVID-19) pada Selasa 1 Desember 2020. Hasil tersebut diketahui usai Anies melakukan tes usap PCR yang keluar dini hari tadi.

Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh Anies lewat video singkat yang dibagikan di Twitternya, @aniesbaswedan. Saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujarnya.

Setelah kabar ini beredar, publik pun mendoakan kesembuhan untuk Anies Baswedan. Ucapan “Syafakallah” pun menjadi trending di Twitter di wilayah Indonesia.

Lantas, apa sih arti dari “Syafakallah” itu sendiri dan bagaimana penggunaannya?

Ucapan “Syafakallah” atau شفاك الله sendiri memang kerap diucapkan kepada yang sedang sakit. Kata tersebut merupakan sebuah doa supaya orang yang sakit diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Perlu diingat, bahwa ucapan “Syafakallah” ini digunakan jika orang yang sakit berjenis kelamin laki-laki. Arti dari ucapan ini adalah “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (lelaki).”

Sedangkan jika orang yang sakit berjenis kelamin perempuan, Kamu bisa mengucapkan “Syafakillah”. Dalam Bahasa Arab, شفاك الله atau yang dibaca syafakillah, memiliki arti, “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan).”

Selain kedua ucapan tersebut, berikut doa lainnya yang diucapkan ketika mengunjungi orang sakit:

– شفاكم الله (Syafakumullah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (lelaki).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada lebih dari dua orang berjenis kelamin laki-laki.

– شفاه الله (Syafahullah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (lelaki).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada seseorang berjenis kelamin laki-laki yang keberadaannya jauh dari kita.

– شفاها الله (Syafahallah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada seseorang berjenis kelamin perempuan yang keberadaannya jauh dari kita.

– شفاهم الله (Syafahumullah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (lelaki).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada orang berjenis kelamin laki-laki yang jumlahnya amat banyak.

– شفاهن الله (Syafahunnallah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada orang berjenis kelamin perempuan yang jumlahnya amat banyak.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here