Makin Pede, Begini Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mulut yang bau sering kali menjadi penghambat ketika berbicara. Bau mulut atau disebut juga halitosis bisa terjadi disebabkan oleh banyak hal. Gigi yang bolong mampu menjadi sarag bakteri dan bisa menjadi penyebab serius.

Mulut yang bau perlu segera diatasi agar tidak menyebabkan bau mulut yang berkepanjangan. Menurut Havard Health, 1 dari tiga orang merasa bau mulut karena hal itu menjadi masalah yang membuatnya harus pergi ke dokter gigi.

Jangan risau, Anda bisa menggunakan beberapa tips untuk mencegah bau mulut. Berikut tips yang telah ditinjau oleh dr. Meva Nareza dari Alodokter Simak sampai akhir ya!

1. Bersihkan Rongga Mulut, Gigi, dan Lidah

Menyikat gigi dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sesuai dengan anjuran para dokter, dapat meningkatkan kesehatan rongga mulut, lidah, dan gigi terhindar dari munculnya aroma tidak sedap dari mulut. Membersihkan hingga kesela-sela dengan benang gigi atau sikat interdental juga dapat mengendalikan bakteri yang berkembang biak dari mulut.

Menggunakan pengikis atau pembersih lidah juga dapat menjadi bagian dari rutinitas untuk menghilangkan bakteri dari lidah. Bersihkan lidah dengan sikat gigi berbulu lembut atau alat khusus untuk membersihkan lidah.

2. Berkumur dengan Obat Kumur

Suatu studi terkait efektivitas obat kumur terhadap bau nafas menemukan, penggunaan obat kumur setiap hari secara signifikan dapat mengurangi jumlah bakteri dalam air liur.

Flossing atau benang gigi serta obat kubur dapat membantu untuk memastikan tidak ada lagi sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut. Telebih lagi jika seseorang yang memakai gigi palsu. Berkumur menjadi hal terpenting yang harus dilakukan.

3. Mengunyah Permen Karet

Untuk menghilangkan bau mulut dan menyegarkan nafas, banyak orang yang menunggunakan mounthwash atau mengunyah permen aroma mint. Permen karet yang dikunyah dapat meningkatkan produksi air liur secara alami dan membersihka sisa makanan di dalam mulut. Selain itu, juga mencegah mulut kering yang bisa menimbulkan bau di dalam mulut.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Meningkatkan asupan air minimal delapan gelas perhari, sangat perlu terutama untuk mengurangi banyaknya kafein maupun membantu mulut lebih bersih dari sisa makanan. Banyaknya kafein dan bakteri sisa yang ada di mulut bbisa meningkatkan bau pada mulut.

Untuk tetap terhidrasi dengan baik, minum air putih dapat meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi mulut, Air liur tersebut yang akan membantu mengendalikan bakteri di mulut.

5. Stop Konsumsi Penyebab Bau Mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh makanan yang berbau menyengat. Seperi petai, jengkol, atau bawang yang menimbulkan bau serta masalah kesehatan pada mulut.

Jika ingin mulut tetap segar, konsumsilah buah-buahan yang banyak. Terutama yang mengandung banyak air, seperti semangka, jeruk, maupun melon.

Reporter : Irania Zulia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini