Makanan Tinggi Serat Ini Wajib Kamu Konsumsi Tiap Hari Gaes!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebutuhan akan serat sudah dipahami sebagian masyarakat yang ingin tubuh sehat dan pencernaan lancar. Namun banyak yang belum tahu, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi jika ingin memenuhi kebutuhan serat harian tubuh.

Serat sejatinya memiliki dua jenis yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Serat yang larut dalam air dapat ditemui pada oat, buah, sayur, rumput laut atau agar-agar.

Sedangkan serat yang tidak larut dalam air ada pada biji-bijian, gandum dan sayuran seperti bayam. Semua serat ini diperlukan oleh tubuh tanpa terkecuali.

Serat sangat diperlukan oleh tubuh karena memiliki berbagai manfaat antara lain memperlancar pencernaan, menurunkan kadar kolesterol. Dan mencegah konstipasi atau sembelit.

Orang yang mengkonsumsi cukup makanan berserat setiap harti terbukti mampu mencegah tubuh terserang penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, kanker usus dan kanker pankreas.

Konsumsi makanan serat bagi pria dan wanita tidaklah sama. Untuk wanita, serat yang dikonsumsi disarankan berada pada 21-25 gram dalam sehari. Sedangkan pria memelurkan serat setidaknya 30-28 gram sehari.

Bagi anak anak usia 1-3 tahun kebutuhan serat yaitu 16 gram perhari. Pada usia 4-10 tahun 20 – 25 gram sehari. Dan untuk remaja setidaknya memerlukan 30-35 gram serat dalam sehari.

Pentingnya keberadaan serat dalam tubuh tentu membuat kita tidak boleh melwatkan konsumsi serat setiap harinya. Banyak makanan yang mengandung tinggi serat dengan rasa yang nikmat untuk dikonsumsi.

Jenis-jenis makanan tersebut pun mudah ditemui dan sangat terjangkau harganya.  Sehingga, pemenuhan serat tubuh lazimnya tidak pernah kekurangan. Berbagai jenis makanan kaya serat yang dapat ditemui setiap hari adalah sebagai berikut :

1. Sayuran

Ilustrasi sayuran (pexels)

Bukan sebuah rahasia jika sayuran memiliki kandungan vitamin, nutrisi dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Serat sudah pasti terdapat dalam beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi setiap hari. kandungan serat yang tinggi antara lain terkandung dalam selada, lobak, wortel, bayam, jamur, asparagus, kentang, labu, brokoli, kacang panjang.

2. Buah-buahan

Buah-buahan (ilustrasi)
Buah-buahan (ilustrasi)

Konsumsi buah-buahan kerap disepelekan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal buah-buahan mengandung berbagai manfaat yang dapat menyehatkan tubuh.

Termasuk didalamnya serat. Buah-buahan yang mengandung serat diantaranya sawo, jeruk, apel, pisang, pir, mangga, dan masih banyak lagi. Banyaknya variasi buah yang mengandung serat tentu tidak akan membuat bosan saat memakannya dengan berbeda jenis setiap harinya.

3. Biji-bijian

Ilustrasi biji-bijian (pixabay)

Biji-bijian utuh dapat ditemukan pada roti atau makanan olahan yang bertuliskan label biji-bijian utuh (whole grain). Beras merah, beras hitam dan oatmeal pun termasuk dalam makanan yang mengandung serat tinggi.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (pixabay)

Banyak makanan berupa kacang-kacangan yang mengantung kandungan serat tinggi. Diantaranya yaitu lentil, kacang merah, kacang polong, kacang hitam, kuaci, kacang almond, dan pistachio

Reporter : Mega Suharti Rahayu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini