Jjangmyeon, mie "kegelapan" Korea Selatan penggoyang lidah. (Foto: ist)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang pertama yang terlintas dibenak kalian ketika melihat olahan makanan dengan warna gelap? Eits tenang dulu. Walau jjangmyeon ini memiliki ciri khas dengan “kegelapan”nya, tapi rasanya tidak kalah enak dibandingkan dengan olahan makanan lainnya yang identik “berwarna”.

Jjangmyeon merupakan hidangan khas Korea yang berbahan dasar saus chunjang yang berbahan dasar kedelai hitam. Biasanya, hidangan jjangmyeon identik dengan olahan masakan mie yang dibalut dengan saus chunjang yang menghasilkan warna hitam.

Jeon Young Goo alias Jun Chef pada laman Youtube-nya menjelaskan hidangan jjangmyeon sebenarnya bisa disajikan dengan nasi juga. “Kalau makan sama mie disebutnya jjangmyeon, kalau pakai nasi jadinya jjangbap. Karena sebetulnya myeon berarti mie, dan bap berarti nasi,” ujar Jun Chef dalam chanel Youtube nya.

Fun fact di Korea ada hari “black day” yang berarti orang-orang yang belum memiliki pasangan berpakaian serba hitam dan menghadiri acara kumpul-kumpul secara informal dengan rekan senasib.

Dan kaitannya “black day” dengan jjangmyeon adalah acara yang dihadiri para jomblowan atau jomblowati ini diramaikan dengan makanan mie bersaus kental hitam tersebut.

Perayaan ini diperingati setiap tanggal 14 Februari atau tepatnya dihari kasih sayang bagi mereka yang tidak memiliki pasangan dan tidak menerima hadiah valentine khususnya di negara Korea Selatan.

Reporter: Haerunisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here