Makanan “Kegelapan” Korea Selatan Penggoyang Lidah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang pertama yang terlintas dibenak kalian ketika melihat olahan makanan dengan warna gelap? Eits tenang dulu. Walau jjangmyeon ini memiliki ciri khas dengan “kegelapan”nya, tapi rasanya tidak kalah enak dibandingkan dengan olahan makanan lainnya yang identik “berwarna”.

Jjangmyeon merupakan hidangan khas Korea yang berbahan dasar saus chunjang yang berbahan dasar kedelai hitam. Biasanya, hidangan jjangmyeon identik dengan olahan masakan mie yang dibalut dengan saus chunjang yang menghasilkan warna hitam.

Jeon Young Goo alias Jun Chef pada laman Youtube-nya menjelaskan hidangan jjangmyeon sebenarnya bisa disajikan dengan nasi juga. “Kalau makan sama mie disebutnya jjangmyeon, kalau pakai nasi jadinya jjangbap. Karena sebetulnya myeon berarti mie, dan bap berarti nasi,” ujar Jun Chef dalam chanel Youtube nya.

Fun fact di Korea ada hari “black day” yang berarti orang-orang yang belum memiliki pasangan berpakaian serba hitam dan menghadiri acara kumpul-kumpul secara informal dengan rekan senasib.

Dan kaitannya “black day” dengan jjangmyeon adalah acara yang dihadiri para jomblowan atau jomblowati ini diramaikan dengan makanan mie bersaus kental hitam tersebut.

Perayaan ini diperingati setiap tanggal 14 Februari atau tepatnya dihari kasih sayang bagi mereka yang tidak memiliki pasangan dan tidak menerima hadiah valentine khususnya di negara Korea Selatan.

Reporter: Haerunisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini