MATA INDONESIA, JAKARTA – Hayo, siapa disini yang lagi skripsian?

Tugas akhir atau skripsi terkadang jadi momok menakutkan bagi mahasiswa. Bagaimana tidak, waktu main dan istirahatmu bisa terenggut karena deadline yang menumpuk.

Salah satu masalah yang makin menambah drama skripsian para mahasiswa adalah dosen pembimbing. Menghadapi dosen pembimbing memang susah-susah gampang. Ada yang kooperatif, tapi ada juga yang killer dan nyebelin.

Tapi, jangan sedih. Ada kok caranya biar kamu bisa mengatasi dosen pembimbingmu yang killer biar kamu gak ciut duluan. Yuk simak.

1. Senyum, Salam, Sapa

Jangan ciut duluan kalau dosen pembimbingmu teranyata killer. Dibawa santai aja. Dengan begitu, pembawaanmu jadi gak tegang dan kamu jadi selalu tersenyum. Jangan lupa untuk sapa dosenmu seperlunya ya. Jangan kebanyakan, nanti dikira caper.

2. Datang Bimbingan Tepat Waktu

Saat diberikan jadwal bimbingan, pastikan kamu datang tepat waktu atau lebih awal dari jam yang ditentukan. Hal tersebut bisa meredam emosi dosen pembimbingmu karena melihat mahasiswanya patuh dan displin. Dengan begitu, kamu bisa aman dari omelannya.

3. Perhatikan Penjelasannya

Ketika dosenmu memeriksa skripsimu, jangan coba-coba gak fokus apa lagi main gadget ya. Udah pasti kamu langsung ‘di semprot’ abis-abisan. Perhatikan saat dosen pembimbing menjelaskan dan catat di bukumu.

4. Berpakaian yang Rapi

Nah gaes, saat bertemu dengan dosen pembimbing, pastikan kamu berpakaian rapi dan sopan. Kalau dari first impression kamu aja udah berantakan, dosenmu bisa-bisa jadi emosi. Kamu pasti gak mau dong nontonin dosenmu marah-marah. Jadi, pastikan pakaianmu rapi ya.

5. Kerjakan Semua Revisian

Gak masalah kalau revisianmu salah, yang penting kamu rajin dan mengerjakannya dengan sepenuh hati. Dengan begitu, dosenmu akan menghargai usahamu dan kamu gak di cap sebagai mahasiswa pemalas.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here