Lewat Sperma, Pria Ini Tularkan DBD ke Pasangan Prianya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Masyakarat pada umumnya tahun jika penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypty. Namun ada fakta baru yang diungkap sebuah kasus di rumah sakit Spanyol.

Ternyata, DBD juga dapat ditularkan secara langsung oleh si penderita. Seperti yang dialami pasangan sejenis di Spanyol, yang tertular penyakit mematikan itu saat keduanya melakukan hubungan intim.

DBD tersebut ditularkan melalui sperma salah satu pasangan prianya. Otoritas Spanyol pun menyebut ini adalah kasus pertama yang pernah ada di dunia.

“Kasus ini muncul setelah seorang pria berusia 41 tahun menderita demam berdarah setelah berhubungan intim dengan pasangan prianya yang sudah terinfeksi virus setelah digigit nyamuk di Kuba,” kata otoritas setempat, Minggu 10 November 2019.

Penyakit ini didiagnosis pada pria tersebut pada September. Saat itu dokter yang menanganinya pun bingung mengapa pria ini terkena DBD, padahal ia tidak pernah pergi ke negara mana pun yang umum dengan demam berdarah.

Akhirnya sang dokter menduga hal ini berasal dari pasangannya, yang juga menunjukkan gejala sama tetapi tidak begitu parah. “Sperma mereka dianalisis dan hasilnya menunjukkan mereka tidak hanya menderita demam berdarah, tetapi juga virus yang persis sama yang beredar di Kuba,” kata petugas kesehatan Madrid, Susana Jimenez.

Dokter pun mengimbau bagi pasangan yang aktif secara seksual dan terkena infeksi ini untuk melakukan pemeriksaan secara rutin agar tidak menularkan virus kepada orang lain di sekitar mereka.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini