Ilustrasi Bunuh Diri (Foto: pixabay.com/rebcenter-moscow)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seseorang yang mengalami tekanan yang berat dapat memunculkan stres dan depresi yang berat. Apalagi jika seseorang tak memiliki tempat untuk berkeluh kesah apa yang sedang ia rasakan.

Keinginan bunuh diri pun muncul dan terlintas dipikiran manusia. Saat masalah tengah melanda, sebagian orang ingin mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Namun, ini bukanlah solusi yang tepat.

Yang perlu diketahui, setiap masalah yang dihadapi pasti memiliki jalan keluarnya. Hanya saja cara mengatasinya membuat orang merasa tak ada solusi yang terbaik.

Jika kita ingin mengakhiri hidup bukan berarti kita lemah atau gila. Hal ini menandakan bahwa kita sedang mengalami kesedihan atau masalah yang luar bisa.

Sehingga merasa tak sanggup menjalani kehidupan. Akan tetapi, bunuh diri bukan jalan terbaik untuk permasalahan hidup. Langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk mengatasi keinginan bunuh diri. Simaklah dibawah ini!

1. Hindari penggunaan alkohol dan obat-obatan

Dengan mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol ini bukanlah solusi terbaik. Menghilangkan rasa stres yang dihadapi, sebagian orang lebih memilih menggunakan hal tersebut. Namun, ini merupakan hal yang salah.

Justru, meningkatkan pemikiran untuk melakukan bunuh diri serta keputusan untuk melukai diri sendiri lebih tinggi. Untuk itu kita perlu menghindari penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang.

2. Tidur yang cukup dan olahraga

Kurang berolahraga dan tidur dapat menimbulkan depresi. Sehingga meningkatkan risiko pikiran untuk bunuh diri.

Cobalah untuk tidur delapan jam sehari. Serta berolahraga dengan teratur.

Berolahragalah tidak perlu yang berat-berat jika kamu tidak memiliki waktu, cukup dengan berjalan kaki saja sudah membuat tubuh kita memproduksi hormon endorphin-hormon yang dapat mengurangi depresi.

3. Sayangi diri sendiri

Mungkin kita akan menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi. Namun, hal itu tidak akan ada manfaatnya. Sesuatu sudah terjadi tak dapat dikembalikan dengan semula.

Sebagai manusia kita memang tidak luput dari kesalahan. Yang terpenting adalah mengasihi diri sendiri seperti kita memperlakukan teman yang kita sayangi.

Bayangkan, ketika ada seorang teman datang kepada kamu dan memberitahu bahwa ia ingin bunuh diri, apa yang akan kamu lakukan?

4. Melakukan konsultasi dengan Psikiater

Berkonsultasilah dengan dokter psikiater atau berkonsultasi dengan tenaga medis di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Sehingga mereka membantu kita untuk menemukan solusi dan memperbaiki psikis kita.

Pentingnya berkonsultasi dengan psikiater mengoptimalkan dukungan sosial guna mencegah akibat buruk masalah kejiwaan. Serta bisa memberikan terapi yang sesuai dengan kondisi piskis kita yang memicu munculnya tindakan bunuh diri.

5. Cobalah berpikir positif

Pikiran ingin bunuh diri datang akibat dari pikiran negatif yang menumpuk. Saatnya menantang diri sendiri untuk lebih berpikiran positif. Kita bisa melawan pikiran negatif dengan afirmasi positif.

Salah satu contohnya, dengan membuat sebuah tulisan di kertas dengan kalimat yang positif, “Tidak ada masalah yang tak memiliki jalan keluar dan tak dapat dapat diselesaikan, masalah ini pasti akan berlalu dan menemukan soluisnya.”

Reporter: Azizah Putri Octavina

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here