Lakukan Peregangan Ini Biar Tidur Makin Nyenyak Gaes!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kamu mengalami masalah tidur? Atau kualitas tidurmu kurang sehingga bangun pagi jadi gak segar? Nih coba deh lakukan cara ini.

Dikutip dari Hello Sehat, sebuah gerakan bisa membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Hal tersebut diartikan bahwa sebelum tidur kamu disarankan untuk melakukan beberapa peregangan untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Selayaknya gerakan olahraga, gerakan peregangan sebelum tidur akan membantu memusatkan pikiran kamu pada gerak tubuh dan pengaturan napas. Secara tidak langsung, stres dan hal-hal tidak mengenakkan lainnya yang terjadi hari itu bisa terlupakan.

Melakukan peregangan sebelum tidur juga dapat membantu meredakan otot-otot tubuh yang tegang, sekaligus mencegah kram saat tidur yang kerap membuat kamu terbangun di malam hari.

Nah, ada beberapa jenis peregangan nih yang bisa kamu lakukan sebelum tidur agar lebih nyenyak dan bangun lebih segar. Apa aja sih? Simak gaes!

  1. Neck Stretches

Peregangan pertama ialah ‘neck stretches’. Ini merupakan gerakan yang bisa meredekan otot kepala, leher dan bahu yang tegang. Gerakan ini pun cocok kamu lakukan sebelum tidur.

Caranya, duduk atau berdiri dengan posisi badan tegak, lalu angkat tangan melingkari kepala sampai memegang telinga kiri. Kemudian, miringkan kepala sampai hampir menyentuh bahu kanan.

Tahan posisi tersebut sekitar 8 detik, kemudian ulangi pada sisi yang berlawanan. Jika sudah, ganti gerakan lain dengan meletakkan dagu di dada dan tahan selama 8 detik. Lalu, Kembali ke posisi semula (kepala dan badan tegak lurus), dan ulangi gerakan sebelumnya sampai sekitar 5 kali.

2. Bear Hug

Selanjutnya, ada gerakan ‘bear hug’. Peregangan ini dapat melemaskan otot-otot bagian punggung. Apalagi buat kamu yang mengeluhkan sakit di bagian bahu dan punggung karena sering membawa beban berat atau posisi duduk yang salah.

Caranya juga mudah, berdiri tegak dengan posisi kedua tangan terbuka lebar, lalu tarik napas dalam. Buang napas perlahan, sembari menyilangkan kedua tangan sampai ke bagian punggung seperti sedang memeluk.

Tahan posisi tersebut selama 30 detik, kemudian lanjutkan dengan melebarkan kedua tangan kembali, sembari menarik napas dalam. Ulangi gerakan menyilangkan tangan dan membuang napas perlahan sampai sekitar 7 kali ya.

3. Seated Forward

Lalu ada ‘seated forward’. Gerakan peregangan ini akan membantu merelakskan otot kaki, paha, punggung, dan bahu.

Caranya, duduk dengan posisi kedua kaki lurus ke depan dan kedua tangan terangkat ke atas. Lalu, arahkan tubuh ke depan dengan posisi tangan masih tetap sama, seolah sedang mencium lutut.

Jika punggung terasa sakit, tekuk sedikit lutut kamu atau beri penyangga di bagian bawah lutut guna memberikan tekanan. Tahan posisi ini sekitar 5 menit ya gaes.

4. Legs up the Wall

Selain gerakan di atas, kamu bisa melakukan ‘legs up the wall’ untuk memberi kualitas pada tidurmu. Caranya juga mudah, kamu perlu berbaring dengan posisi kedua kaki diangkat dan menempel di dinding.

Kemudian, tempatkan pinggul dan kaki pada dinding, lalu pilih seberapa jauh jaraknya dengan dinding sesuai kenyamanan kamu ya. Letakkan posisi tangan di samping atau di atas perut dan tahan selama 5-8 menit.

Tujuan gerakan ini adalah agar punggung, bahu, dan leher yang sering terasa kaku dan pegal bisa lebih nyaman saat tidur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini