Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Divaksinasi Virus Corona

Baca Juga

MATAINDONESIA, INTERNASIONAL – Upaya vaksinasi virus corona tengah berlangsung di seluruh dunia. Saat ini, vaksinasi diyakini menjadi satu-satunya cara untuk melindungi tubuh dari virus yang telah merenggut 2,16 juta jiwa itu.

Akan tetapi untuk tingkat efektivitasnya, Anda harus melakukan lebih dari sekadar mendapatkan suntikan. Berdasarkan penelitian baru, ada dua hal spesifik yang perlu Anda lakukan sebelum mendapatkan suntikan vaksinasi corona.

Vaksin saja tidak dapat melindungi tubuh Anda dari virus jika sistem kekebalan Anda tidak kuat. Agar tubuh kita dapat mengoptimalkan respons terhadap vaksin, penting untuk memiliki sistem internal yang kuat, yang dapat dengan mudah dipengaruhi oleh kondisi seperti depresi dan stres.

Terlalu banyak stres atau depresi berpotensi memperpendek kekebalan terhadap virus. Namun, sesuai temuan studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal Perspectives on Psychological Science, tidur dan olahraga merupakan dua aktivitas khusus yang dapat meningkatkan respons imun, bahkan di antara mereka yang menderita kondisi yang mungkin membahayakan imunitas jangka panjang.

Karena dorongan vaksin virus corona diperkirakan akan meningkat dalam beberapa pekan mendatang, sangat penting bagi setiap orang untuk memprioritaskan tidur mereka untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Melansir Times of India, para peneliti merekomendasikan bahwa mereka yang berencana untuk mendapatkan vaksin virus corona harus cukup tidur di malam hari dan melakukan olahraga berat setidaknya 24 jam sebelumnya.

Ini bukan satu-satunya studi yang menghubungkan tidur dan tingkat aktivitas fisik dengan respons vaksinasi. Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa vaksin flu efektif pada orang yang cukup tidur dua malam sebelum menerima suntikan. Hubungan serupa ditemukan dalam kasus vaksin untuk hepatitis A dan hepatitis B.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini