Lagi Viral, Ini 5 Fakta dan Tips Berkendara di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo baru meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek II. Jalan layang tersebut pun sudah bisa dilalui kendaraan umum, tepatnya 15 Desember 2019 Pukul 06.00 WIB lalu.

Pengguna jalan, khususnya yang menempuh jarak jauh, dapat mulai menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat tanpa tarif untuk sementara waktu. Hal ini guna mendukung kelancaran arus lalu lintas pada periode libur Nataru.

Istimewanya, jalan tol Jakarta-Cikampek II ini disebut-sebut tol layang terpanjang di Indonesia lho…

Baru saja diresmikan, tiba-tiba saja jalan tol layang Jakarta-Cikampek ini pun viral. Tak sedikit yang mengatakan bahwa aspal jalan tersebut bergelombang.

Tim Minews.id yang penasaran pun langsung menjajal rasanya tol baru itu. Berikut 5 fakta yang harus kalian ketahui saat melintas di jalan layang tol Jakarta-Cikampek II:

1. Kecepatan berkendara tidak lebih 60-80 km per jam

Untuk melewati tol layang ini harap perhatikan rambu-rambu kecepatannya, ya. Kecepatan untuk melewati tol ini harus tidak lebih dari 60-80 km per jam. Karena jalan yang bergelombang, disarankan hanya 60 km per jam saja. Dengan kecepatan yang hanya segitu saja sudah bikin perut terkocok, apalagi kalau lebih?

2. Terdapat cctv hampir di setiap kilometernya

Ketika sudah berada di tengah tol layang, kalian akan melihat cctv yang terpasang hampir di setiap kilometernya. Tak tamggung-tanggung, bahkan cctv tersebut memiliki sensor untuk tilang secara online. Jadi, buat kalian yang suka mengebut di jalan tol harap hati-hati ya. Jangan lupa patuhi peraturannya, itu penting!

3. Panjangnya mencapai 37 km

Untuk panjang tol layang Jakarta-Cikampek ini sendiri kurang lebih mencapai 37 km, lho. Tol layang ini diawali dari km 11 hingga km 48. Cukup panjang bukan?

4. Usahakan bensin terisi penuh, tidak ada akses ke rest area

Selama di tol layang kalian tidak akan menemukan akses untuk ke rest are. Jadi, sebelum melewati ini pastikan dulu mobil kalian terisi dengan bensin yang penuh. Nggak kebayang kan kalau misalnya mogok di tengah jalan gimana?

5. Waktu tempuh 30 menit lebih cepat

Mungkin biasanya kalian melewati tol Jakarta-Cikampek bisa berjam-jam. Dengan dibangunnya tol layang ini kalian dapat menghemat waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menit lebih cepat. Cukup singkat kan!

Nah, itulah 5 fakta di balik tol bergelombang Jakarta-Cikampek. Untuk yang penasaran, kalian bisa menjajal tol tersebut secara gratis hingga awal tahun, lho.

Jangan lupa untuk tetap menjaga keselamatan kalian saat berkendara, ya! (Fitri)

Berita Terbaru

Program AMANAH Ciptakan Generasi Muda Aceh yang Unggul dan Berdaya Saing

Adanya program Aneuk Muda Aceh Unggul dan hebat (AMANAH) penting untuk meningkatkan kompetensi dan kepemimpinan anak muda Aceh. Program...
- Advertisement -

Baca berita yang ini