Lagi Heboh Rumor Artis Gay, Psikolog: Ini 2 Cara Mendeteksi Cowok Penyuka Sesama Jenis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jagat maya tengah digegerkan dengan isu gay yang menerpa penyanyi ganteng Afgansyah Reza alias Afgan. Kabar Afgan gay tersebut merebak usai adanya unggahan video dari salah seorang pengguna Tiktok.

Gara-gara ini, publik pun dibuat penasaran akan kebenaran kabar tersebut. Namun hingga saat ini Afgan masih enggan angkat bicara memberikan klarifikasi mengenai gosip yang menghampirinya. Ia justru memilih mengunci kolom komentar Instagram demi menghindari nyinyiran netizen.

Terlepas dari kasus Afgan, tahu gak sih gaes kalau ternyata orientasi seksual seorang pria bisa dideteksi dari ciri-ciri fisiknya? Setidaknya hal ini sudah dibuktikan oleh dua studi penelitian yang dilakukan oleh para pakar.

Apa saja ciri-ciri fisik dari para pria penyuka sesama jenis? Berikut ulasannya.

1. Mata

Yup, ciri pertama bisa dideteksi lewat mata. Pelebaran pupil mata seorang pria saat melihat pria lain atau wanita merupakan indikator untuk mengetahui orientasi seksualnya. Hal ini terungkap dalam studi Cornell University, Amerika Serikat.

“Jadi jika seorang pria penyuka wanita, pupil matanya melebar terhadap wanita. Sementara bakal melebar melihat pria bila dia adalah penyuka sesama jenis,” kata peneliti yang juga seorang psikolog perkembangan Ritch Savin-Williams, dikutip dari Huffington Post, Rabu, 12 Agustus 2020.

Pelebaran pupil mata, kata Ritch, merupakan respons terhadap sesuatu yang menarik, termasuk wajah orang yang disukai. Pada saat pupil melebar itu tanda bahwa sistem saraf otonom–saraf yang bekerja tanpa disadari atau tanpa perintah sistem saraf pusat, seperti pernapasan, detak jantung, gairah seksual–sedang meningkat.

2. Cara Berjalan

Ciri kedua bisa dideteksi dari cara jalannya gaes! Para peneliti pernah mengamati orientasi seksual para pria dari cara berjalan mereka. Dan hasilnya, terungkap dalam Journal of Personality and Social Psychology edisi September 2007.

Dari observasi yang dilakukan peneliti terhadap 4 pria yang 2 di antaranya sesama jenis, terlihat cara berjalan penyuka sesama jenis berbeda dengan pria penyuka wanita. Pria gay sedikit menggoyangkan area pinggul. Akurasi ini paling tidak mencapai 60 persen.

“Ada alasan pria penyuka sesama jenis tidak dapat menyembunyikan orientasi seskual mereka. Saya rasa, hal ini (cara berjalan) sesuatu yang memang mereka miliki sejak dini atau meniru dari anggota keluarga yang berlawanan jenis,” kata psikolog dari Northwestern University, Michael Bailey, dikutip dari NBC News.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini