Lagi Diet? Ini Jenis Susu yang Cocok buat Kamu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memang sudah aturannya jika sedang diet, kamu perlu menjaga asupan dan gak boleh konsumsi makanan dan minuman sembarangan. Ketika menjalani program diet, minuman yang mengandung kalori dan lemak tentu yang paling dihindari.

Nah, salah satu minuman yang mengandung lemak dan kalori ialah susu. Saking takutnya, banyak pelaku diet berhenti mengonsumsi susu karena tak ingin merusak program penurunan berat badan mereka.

Padahal sebenarnya, susu memiliki banyak vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan tubuh lho! Selain memiliki manfaat baik bagi tubuh, susu juga menawarkan kandungan nutrisi, protein, dan kalsium, sebagai sumber penambah stamina dan meningkatkan kekuatan tulang.

Nah, buat kamu yang sedang diet, jangan berhenti konsumsi susu ya. Ada kok beberapa jenis susu yang bisa dikonsumsi meski kamu sedang diet. Yuk simak!

1. Susu Almond

Susu almond yang disajikan tanpa pemanis sangat rendah kalori dan memiliki karbohidrat lebih rendah daripada susu sapi. Manfaat ini baik khususnya bagi seseorang yang mengikuti diet rendah karbohidrat.

Dalam segelas susu almond (240 ml) tanpa pemanis, terdapat kandungan 41 kalori, 2 gram karbohidrat, dan 3 gram lemak. Susu almond juga mampu berperan sebagai sumber antioksidan vitamin E yang merupakan kandungan alamiah.

Susu almond menjadi asupan yang cocok untuk diet. Namun sebaiknya, dikonsumsi tanpa pemanis ya!

2. Susu Gandum

Dilansir dari Healthline, segelas susu gandum memiliki manfaat kesehatan yang mirip dengan semangkuk gandum utuh. Susu gandum juga memiliki gizi yang kaya dan cocok sebagai susu untuk diet.

Serat larut dalam susu gandum atau oat milk mudah menyerap air dan berubah menjadi gel pada proses pencernaan. Hal tersebut membantu memperlambat proses pencernaan sehingga akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, susu gandum juga dapat menstabilkan kadar gula darah tubuh lho!

Hal tersebut membantu memperlambat proses pencernaan sehingga akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, susu gandum juga dapat menstabilkan kadar gula darah tubuh.

3. Susu Kedelai

Berbahagialah kamu yang mengalami alergi susu sapi. Sebab, susu dari kedelai ini bisa jadi solusi, terutama untukmu yang sedang diet.

Susu kedelai memiliki kadar kalori yang rendah. Dalam segelas susu kedelai (240 ml), terdapat 105 kalori, 6 gram protein, 12 gram karbohidrat, dan 4 gram lemak. Susu ini juga mengandung gizi baik lainnya seperti vitamin B, kalsium, dan fosfor.

4. Susu Kelapa

Satu lagi jenis susu yang bisa menjadi temanmu saat diet ialah susu kelapa. Susu kelapa atau coconut milk mudah dijumpai di negara tropis seperti Indonesia. Proses dari kelapa hingga menjadi susu pun telah melewati tahap tertentu dan mengalami proses konsentrasi secara khusus.

Olahan susu kelapa memiliki manfaat baik bagi tubuh. Susu ini masuk kategori susu untuk diet karena mengandung kolesterol baik (HDL) sebagai penyeimbang berat badan.

Namun, lemak dalam susu kelapa ini sebenarnya jauh lebih banyak dibanding susu nabati lainnya. Meski kaya lemak, susu ini tidak mengandung karbohidrat sama sekali, cocok untuk seseorang yang tengah menjalani diet rendah karbohidrat.

Saat mengonsumsi berbagai jenis susu di atas, pastikan kamu tidak menggunakan pemanis agar dietmu berjalan dengan lancar ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini