(Foto: Ellen Whitney)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kunci untuk menyelesaikan pekerjaan kantor atau tugas sekolah, atau apa pun itu adalah fokus. Kita meyakini akan kemampuan yang kita miliki, berpengalaman dalam bidang pekerjaan, dan menyadari tugas yang harus dilakukan, namun karena kurangnya fokus kita gagal menyelesaikannya secara efisien.

Fokus akan membantu Anda menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan baik. Ada perbedaan besar ketika Anda menyelesaikan pekerjaan atau tugas Anda secara fokus dan tidak!

Penting bagi Anda untuk mengetahui alasan di balik ketidakmampuan Anda untuk fokus dan berkonsentrasi. Begitu Anda mengetahuinya, maka akan mudah untuk mengembalikan fokus Anda. Melansir Times of India, berikut alasan umum mengapa Anda tidak dapat fokus dan berkonsentrasi:

Kurang tidur

Pandemi virus corona telah mengubah rutinitas dan kehidupan umat manusia di muka bumi ini secara total, termasuk pola tidur. Terkadang terlalu banyak beban kerja juga dapat mengganggu tidur Anda.

Masalahnya adalah ketika Anda tidak cukup tidur, otak Anda tidak dapat beristirahat. Tanpa istirahat, otak Anda tidak dapat berfungsi secara maksimal, yang dapat menyebabkan beberapa gejala yang terlihat seperti kelelahan dan kegelisahan. Ini juga dapat memengaruhi kemampuan untuk fokus yang kemudian menyebabkan penurunan produktivitas.

Tugas yang banyak

Multitasking bukanlah hal yang aneh. Nyatanya, bekerja dari budaya rumah telah menjadikan multitasking sebagai kebutuhan saat ini. Tetapi ketika kita melakukannya, energi dan mental terbagi.

Ini membuat akan sulit untuk memprioritaskan, yang mengarah ke masalah konsentrasi yang retak. Karena Anda tidak dapat mencurahkan perhatian penuh pada satu hal dan hal itu menyebabkan keterlambatan dalam penyelesaian semua tugas. Anda dapat membuat agenda, menuliskan daftar tugas Anda demi membantu mengelola dengan lebih baik.

Masalah kesehatan mental

Jika Anda mencoba segalanya mulai dari duduk dalam suasana yang tepat hingga fokus pada satu hal pada satu waktu dan tidak ada yang berhasil, itu berarti ada sesuatu yang lebih serius.

Jika kurangnya fokus Anda disertai dengan faktor lain seperti ketakutan, depresi, perubahan suasana hati, dan emosi negatif, maka Anda harus mengunjungi dokter. Begitu Anda mulai melatih kesehatan mental, Anda akan melihat fokus Anda meningkat.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here