Kunci Jawaban Kado untuk Guruku Tersayang, Soal TVRI Kelas 1-3 SD Senin 27 April

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wabah corona turut membuat kegiatan belajar mengajar diliburkan. Sebagai gantinya Kemendikbud bekerja sana dengan TVRI untuk menggelar kegiatan belajar dari Rumah.

Nah pada Senin, 27 April 2020, materi pembelajaran untuk anak SD kelas 1-3 yaitu tentang ‘kado perpisahan untuk guruku tersayang’. Berikut soal dan jawabannya,

1. Mengapa layangan wayan tidak bisa terbang dengan baik?

Supaya layangannya bisa terbang seimbang dan tinggi, maka harus dibuatkan kerangka yang seimbang, baik untuk sisi kiri dan kanan.

Nah, bagian utama yang juga sangat penting untuk membuat layangan adalah saat pemilihan bambu. Dalam hal ini, jangan menggunakan bambu yang masih muda karena selain daya lekuk yang terlalu lentur, bambu yang masih muda juga sangat rentan patah.

Bambu yang berumur tua juga tidak semuanya memilki kualitas yang bagus untuk dibuat menjadi kerangka layangan, hal yang harus diperhatikan adalah tekstur serat pada bambu berumur tua yang kita pilih. Untuk tekstur untuk jenis bambu yang berkualitas ditandai dengan warna serat yang agak mengkilap. Semoga bisa membantu agar layanganmu terbang sempurna ya!

2. Selain foto bersama di pigura, hadiah apa yang akan diberikan kepada Bu Ajeng agar selalu diingat?

Berikut ini ada beberapa rekomendasi kado yang bisa diberikan saat perpisahan dengan guru.

a. Tumbler
Guru biasanya akan meminum air lebih banyak selepas mengajar dikelas. Menghadiaho kado perpisahan berupa tumbler air akan sangat berguna. Selain itu, tumble dapat dibawa kemana saja dan bentuknya sangat cantik.

b. Mug custom dengan nama guru

Mug juga menjadi ide hadiah unik untuk diberikan sebagai kado perpisahan untuk guru. Kamu bisa membeli mug custom dengan desain menarik dan dituliskan quotes dan nama guru. Selain itu, mug digunakan lebih lama.

c. Kotak bekal

Kebanyakan guru selalu membawa bekal dari rumah. Kamu bisa menjadikan hal ini inspirasi untuk memberi kado untuk guru perempuan saat perpisahan. Kotak bekal akan menjadi kado yang unik dan bermanfaat. Sebaiknya pesan kotak bekal yang berbeda dari yang lain. Kamu bisa menambahkan stiker untuk membuatnya semakin unik. Stiker bisa berisi ucapan terimakasih sebagai bentuk apresiasimu kepada mereka yang telah mendidikmu.

d. Sapu tangan

Sapu tangan sepertinya menjadi benda yang selalu dibawa oleh para orang dewasa termasuk guru. Memberi mereka sapu tangan juga bisa menjadi kado yang bagus untuk guru. Kamu bisa membeli sapu tangan dengan desain yang unik.
Dijamin kado kalian akan dikenang selalu dan ibu guru pasti senang!

3. Tuliskan langkah-langkah membuat album foto yang kamu lihat pada cerita tadi?

Untuk membuat album foto sederhana, hal pertama yang harus disiapkan adalah bahan dan peralatannya. Kalian harus menyiapkan alat tulis, kertas karton, kardus bekas, ataupun kertas warna-warni. Jangan lupa juga sediakan perekat, gunting, dan hiasan untuk mempercantik tampilannya.

Setelah itu, kalian harus menetukan tema apa yang akan kamu gunakan di album fotomu. Karena temanya soal perpisahan dengan ibu guru, maka tak ada salahnya kalian menyiapkan foto-foto kalian, boleh foto bareng ataupun foto pribadi.

Jangan lupa tentukan ukuran dan tebal albumnya supaya bisa membantumu menentukan berapa banyak foto dan hiasan yang akan digunakan.

Pastikan juga ukuran foto pas dengan albumnya ya. Dua ukuran paling populer untuk album foto adalah 12×12 inci dan 8,5 x -11 inci. Tapi semua bisa dibuat sesuai selera dan sekreatif kalian.

Selamat mencoba, semoga bisa menjadi kenangan terindah untuk ibu guru kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini