MATA INDONESIA, JAKARTA – Tingkahnya yang lucu, dekat dengan manusia dan menjadi salah satu cara yang efektif meredakan stres merupakan salah satu alasan banyak orang mau menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka dirumah. Pernahkah kamu merasa heran melihat kucingmu bertingkah sangat manja kepadamu?

Seperti sering memijat perutmu ketika kamu sedang tiduran di kasur atau menggosok-gosokan badannya ke kakimu?

Dilansir The Guardian, Para peneliti menemukan fakta bahwa kucing membentuk suatu ikatan emosional dengan pemiliknya yang disebut secure attachment atau keterikatan yang aman. Ikatan ini terbentuk ketika kehadiran manusia membuat kucing merasa aman, tenang, dan nyaman untuk  menjelajahi lingkungan sekitarnya.

Selain tingkah lakunya yang lucu ternyata kucing juga punya kode tersendiri untuk menunjukkan rasa cintanya kepada sang pemilik. Menurut Gururia, berikut merupakan alasan tingkah laku kucing yang sering dilakukan dirumah yang memiliki arti tersendiri:

1. Mengapa kucing mencakar-cakar (stratching)?

Karakter atau perilaku tersebut sebetulnya dilakukan untuk menajamkan kuku-kukunya sehingga sanggup mencengkeram mangsa lebih kuat. Pada dasarnya kucing adalah hewan yang mempunyai naluri untuk memangsa target buruannya meskipun sudah menjadi hewan peliharaan manusia sekalipun.

2. Mengapa kucing suka mondar mandir?

Kucing bergerak kesana kemari untuk mencari makanan dan mencari tempat yang baik untuk tidur. Jika anda ingin mereka diam maka berikanlah mereka makanan yang enak dan tempat yang empuk untuk mereka tidur.

3. Mengapa kucing suka memijat manusia?

Ketika kucing sudah dewasa, maka kucing akan melakukan tindakan layaknya memijat pemiliknya. Hal ini memiliki makna yakni untuk mengatakan kesenangan dan kepuasan mereka terhadap majikan/manusia.

Layaknya manusia yang suka memberikan hadiah kepada orang lain sebagai apresiasi maka bisa dibilang tindakan kucing seperti layaknya memijat merupakan bentuk apresiasi dari kucing kepada pemiliknya.

4. Mengapa kucing suka menggosokkan tubuhnya ke kaki kita atau benda tertentu?

Sama layaknya seperti buang air kecil dan BAB, bagi kucing alpha, kucing suka menggosokkan dirinya pada banyak sekali benda sebagai tanda benda tersebut adalah hak miliknya. Kucing mempunyai feromon yakni busuk khas yang dimiliki kucing dan busuk ini melekat pada benda-benda tersebut.

Kucing lain yang ingin menggosokkan tubuhnya di benda yang masih ada feromon dari kucing pertama. Maka, kucing yang ke 2 tidak akan berani menggosokkan tubuhnya di benda tersebut. Kecuali jika kucing ke 2 tersebut berani ambil resiko konflik.

Jadi, apabila kucing anda menggosok- gosokan tubuhnya ke kaki anda maka itu artinya kucing tersebut merasa kita adalah miliknya.

5. Mengapa kucing suka mengeong pada manusia?

Banyak yang salah mengartikan jika arti ngeongan kucing sebagai tanda dirinya sedang melakukan sosialisasi pada sesamanya. Namun, faktanya arti kucing yang mengeong pada manusia merupakan cara mereka untuk berusaha menipu manusia dari suaranya.

Kucing mencoba meniru suara bayi dimana bayi mendapat banyak perhatian dari manusia. Dengan alasan tersebut kucing mencoba untuk meniru hal tersebut untuk mendapatkan perhatian lebih dari majikannya layaknya perhatian yang diberikan majikan kepada anaknya.

Reporter : Fifi Zuniarti

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here