Waspada, Nih Daftar Hewan yang Bisa Terjangkit Corona, Ada Kucing dan Sapi
Kucing (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin kamu pernah mendengar mitos bahwa kucing mempunyai Sembilan nyawa. Entah darimana asal usul pertama mitos ini berkembang namun ada pepatah Inggris kuno pernah menyebutkan bahwa seekor kucing memiliki Sembilan nyawa.

Tiga nyawa untuk mereka bermain, tiga nyawa saat mereka tersesat dan tiga nyawa lainnya untuk mereka hidup. Mitos ini semakin berkembang ketika fakta menyebutkan kucing tidak pernah terluka saat terjatuh, kok bisa ?

Dilansir video amatir yang diunggah oleh akun YouTube YtCrash Facts pada bulan April 2020 lalu, terdapat seekor kucing hitam yang sedang mencengkram dinding apartemen. Namun, karena sudah terlalu lama mencengkram, sang kucing melepaskan genggamannya dan jatuh ke tanah. Tapi anehnya, kucing tersebut tidak ada luka sama sekali dan lanjut lari dengan terburu-buru.

YtCrash Facts menyebutkan, bahwa kucing sebenarnya tidak memiliki Sembilan nyawa. Tapi, mereka mempunyai sistem keseimbangan serta kordinasi yang baik. Fakta menyebutkan, kucing yang terjatuh dari tujuh lantai akan memungkinkan terjadinya kematian dibandingkan jatuh dari tujuh lantai atau lebih.

“Kucing yang terjatuh dari tujuh lantai akan memungkinkan kematian dibandingkan dengan jatuh dari lantai tujuh lantai atau lebih. Hal ini dikarenakan kucing memiliki kemampuan berputar. Jadi, semakin tinggi gedung, kucing bisa mempunyai waktu untuk melakukan standar keselamatannya itu,” ungkap Babang Bima, dubber YtCrash Facts.

Babang Bima menambahkan, menurut ilmuwan alasan kucing tidak mudah mati saat jatuh dari ketinggian karena kucing memiliki tubuh yang lebar dan berat badan yang ringan. Maka, kucing dapat jatuh dengan kecepatan yang lebih rendah jika dibandingkan manusia dengan ketinggian yang sama.

Kaki kucing digunakan tidak untuk berjalan melainkan sebagai parasut saat terjatuh dari ketinggian.

“Saat terjatuh dari ketinggian, kucing akan memposisikan kakinya sebagai parasut yang secara drastic dapat mengurangi kecepatan jatuhnya bahkan kaki-kaki kucing yang berotot juga mempunyai fungsi layaknya pegas sehingga saat jatuh, seluruh energi kejut yang diterimanya bisa diserap dengan sempurna,” ucap dubber YtCrash Facts, babang Bima.

Reporter: Fifi Zuniarti

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here