Ilustrasi anak kucing (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Benarkah kucing memiliki sembilan nyawa ketika hidup di dunia? Tentu tidak. Itu hanyalah bagian dari mitos yang beredar di masyarakat.

Tidak hanya itu, ternyata masih ada mitos-mitos lain yang diyakini hingga saat ini lho. Apa saja sih? Yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Kucing membenci manusia dan tidak menyenangkan

Hanya karena tidak suka dipeluk dan diperhatikan, bukan berarti kucing membenci manusia kok. Dilansir dari situ Insider, menurut Jackson Galaxy selaku konsultan kesehatan kucing, menjelaskan bahwa mitos ini ada karena banyak orang yang membandingkan perilaku kucing dan anjing yang begitu kontras.

Itu sebabnya mereka mengira kucing tidak membutuhkan banyak perhatian layaknya anjing. Nyatanya, kucing merupakan hewan yang juga membutuhkan banyak perhatian dan cinta.

2. Kucing tidak membutuhkan banyak perawatan

Bagi para pemilik hewan menggemaskan ini, sangat berbahaya apa bila benar-benar percaya dengan mitos yang satu ini. Banyak pemilik kucing yang berpikir tidak apa-apa jika meninggalkan kucing peliharannya selama berhari-hari hanya dengan persediaan makanan dan minuman. Galaxy mengatakan hal itu merupakan tindakan yang tidak baik.

Layaknya anjing, kucing pun dapat merasa cemas akan perpisahan dan mendambakan stabilitas kehidupan keluarga mereka. Bedanya, kucing tidak menunjukannya secara nyata seperti anjing. Jadi, ingat ya untuk tidak sembarangan meninggalkan kucing Anda dirumah!

3. Kucing tidak dapat dilatih

Nah, untuk yang percaya kalau kucing itu sulit diatur dan tidak dapat dilatih, Dr. Freeman selaku dokter hewan mengatakan jika sebenarnya kucing juga dapat dilatih lho. Berbeda dengan anjing, kucing tidak akan belajar cara disiplin dan selalu lari dari segala jenis hukuman.

Anda dapat melatih kucing dengan meggunakan clicker sebagai alat bantu dalam sesi pelatihan singkat. Jangan lupa untuk selalu memberikan reward pada kucing Anda setelah menguasai pelajaran yang diajarkan.

Jika kucing Anda sudah pandai, Anda dapat mengganti suara clicker dengan ucapan seperti kata “bagus” dan lainnya.

4. Kucing lebih baik tinggal di luar ruangan

Faktanya, membiarkan kucing Anda tinggal di luar ruangan memungkinkan mereka untuk memiliki angka usia hidup yang jauh lebih pendek. Galaxy menjelaskan jika rata-rata usia kucing yang dibiarkan tinggal di luar ruangan hanya mencapai usia 2-4 tahun. Sedangkan kucing yang tinggal di dalam ruangan mencapai usia 14 tahun.

5. Kucing dan anjing adalah musuh bebuyutan

Mitos yang satu ini sepertinya adalah mitos paling terkenal di seluruh dunia. Bahkan, sudah banyak sekali film-film yang menggambarkan hal serupa. Padahal, hal ini tentu tidak selalu benar.

Galaxy mengatakan sangat mungkin bagi kucing dan anjing untuk hidup dibawah atap yang sama. Meski demikian, penting peran Anda sebagai pemilik untuk menjadi jembatan antara dua spesies yang berbeda ini.

Itu dia penjelasan mengenai 5 mitos kucing yang diyakini oleh masyarakat luas. Setelah ini, apakah Anda masih mempercayai mitos-mitos tersebut?

Reporter: Ananda Salsabila Nadira

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here