Konsumsi Vitamin C Bisa Cegah Corona? Tak Ada Anjurannya Tuh!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tengah beredar informasi yang mengklaim bahwa vitamin C jika dikonsumsi secara rutin dapat menjadi penangkal virus corona atau Covid-19 yang kini tengah mewabah secara global, termasuk Indonesia.

Vitamin C yang kaya dengan antioksidan dipercaya mampu menangkal berbagai radikal bebas, termasuk virus corona, serta meningkatkan daya tahan tubuh dari banyak penyakit. Tapi benarkah demikian?

Menurut spesialis mikrobiologi klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia, Budiman Bela hal tersebut tak benar. Ia menegaskan, tak ada satupun anjuran dari tim kesehatan untuk mencegah corona dengan perbanyak konsumsi vitamin C.

“Sebetulnya tidak pernah ada anjuran minum vitamin C yang banyak untuk mencegah virus corona,” kata Budiman di Jakarta, baru-baru ini.

Namun, ia tak menampik manfaat vitamin C untuk daya tahan tubuh yang baik. Hanya saja, vitamin C bukanlah obat untuk mengatasi virus mematikan asal Wuhan, Cina tersebut.

Ia berkata, masyarakat perlu menjaga pola makan dan makan makanan sehat untuk meningkatkan imun tubuh. Misalnya makan buah dan sayur-sayuran.

“Buah dan sayuran harus, gerak cukup, istirahat cukup, tidak boleh stress. Karena sistem kekebalan kita akan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup yang sehat,” ujarnya.

Budiman melanjutkan, pada dasarnya penderita virus corona bisa sembuh tanpa pengobatan. Dengan catatan, penderita menjaga pola makan sehat dan hidup bersih.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini