Kondangan Aman di Tengah Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa New Normal, sejumlah kegiatan sudah bisa dilakukan oleh masyarakat salah satunya yaitu acara pernikahan. Tidak hanya warga biasa, kalangan selebritis pun tetap melangsungkan pernikahan di kala pandemi Covid-19.

Walaupun diperbolehkan menggelar pesta pernikahan, protokol kesehatan harus tetap dipatuhi. Misalnya saja, disediakannya tempat untuk mencuci tangan, penggunaan masker, jaga jarak fisik, dan jumlah undangan yang dibatasi.

Tidak perlu khawatir kondangan saat pandemi, karena apoteker Yohandita Suci dalam YouTube Keluarga TV punya tips kondangan aman saat pandemi masih berlangsung. Simak tipsnya berikut ini:

1. Selalu gunakan masker

Saat ini masker sangat penting untuk digunakan kapan pun dan dimana pun. Bukan hanya saat kondangan saja, keluar rumah pun harus tetap menggunakan masker. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya virus atau kotoran masuk ke dalam saluran pernapasan kita. Penggunaan masker bisa ditambah dengan menggunakan face shield untuk proteksi lebih.

Saat datang ke acara pernikahan jangan lupa untuk selalu kenakan masker. Kian menjadi tren, berbagai macam motif masker menunjang penampilan saat kondangan. Pastikan memakai masker dengan benar. Bagian hidung dan mulut harus tertutup rapat guna menghindari penularan virus corona.

2. Hindari kontak fisik

Hal paling umum yang biasa dilakukan pada saat kondangan adalah memberikan selamat kepada kedua calon mempelai. Ada yang bersalaman dengan berjabat tangan, ada pula yang berpelukan hingga cium pipi. Sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan saat kondangan di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, kegiatan ini bisa menjadi perantara penyebaran virus corona.

Namun bukan berarti saat kondangan tidak memberi selamat dan tak menyapa tamu undangan ya. Kegiatan ini bisa tetap dilakukan dengan menghindari kontak fisik dan menjaga jarak aman.

3. Hindari kerumunan

Pesta pernikahan identik dengan suasana yang ramai dan dihadiri oleh banyak orang. Saat ini konsep pernikahan pun kian berbeda seperti biasanya. Dimulai dari berbagai macam protokol kesehatan yang harus dijalankan hingga membatasi jumlah tamu undangan.

Hindari dan jangan bergabung dengan kerumunan jika saat berada di pesta pernikahan. Apabila terlibat obrolan, usahakan tetap menjaga jarak dan berbicara satu lawan satu.

4. Selalu membawa dan menggunakan handsanitizer

Selain membawa dan menggunakan masker, jangan lupa untuk menggunakan handsanitizer ketika habis memegang atau menyentuh sesuatu. Ketika datang ke acara kondangan, mungkin saja kita memegang souvenir atau cendera mata dari kedua mempelai, dan makan makanan yang disediakan.

Untuk mengantisipasi penularan virus corona, selalu gunakan handsanitizer sehabis melakukan kegiatan tersebut. Cairan pembersih tangan efektif untuk membunuh virus dan mengurangi resiko penularan Covid-19.

5. Persingkat durasi kunjungan

Tujuan sebenarnya datang ke acara pernikahan adalah untuk memberikan selamat kepada kedua mempelai dan mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan. Jika sudah memenuhi semua kegiatan, sebaiknya hindari berlama-lama dan langsung pulang ke rumah.

Memperlama durasi kunjungan atau kondangan akan menyebabkan resiko tertular virus semakin meningkat lantaran tamu yang datang akan semakin banyak. Jadi, agar tetap aman sebaiknya persingkat durasi kondangan ya.

Sekarang tak perlu takut lagi kondangan di tengah pandemi Covid-19, asalkan ikuti tips aman kondangan di atas yaa. Yuk lebih disiplin lagi agar virus corona cepat berakhir dan bisa melakukan aktivitas normal seperti biasanya.

Reporter: Ananda Sri Maulida

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini