Minggu, Oktober 24, 2021

Khawatir atau Cemas Jelang Hari Senin? Kamu Idap Lunaediesophobia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapapun mungkin pernah mengalami cemas atau fobia menjelang hari Senin. Berikut ini tips-tips yang bisa dicoba.

Cemas jelang hari Senin biasanya dirasakan pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran. Rasa cemas jelang hari Senin ini dinamakan Lunaediesophobia.

Lunaediesophobia adalah ketakutan akan hari Senin. Gejala yang dirasakan pengidap yaitu stres memikirkan Senin besok pada Minggu malam. Beberapa orang mungkin bagun pagi dengan perasaan yang tidak begitu bersemangat. Bahkan, ada yang sampai mimpi buruk di malam harinya. Itulah yang membuat suasana hati semakin jadi suram di hari Senin.

Jika transisi antara hari Minggu ke Senin kurang menyenangkan, maka itu akan memperparah lunaediesophobia. Untuk itu penting membuat transisi Minggu ke Senin lebih menyenangkan.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

Jalani Rutinitas Perawatan Diri Selama Akhir Pekan
Jika kamu minum lebih banyak, makan lebih banyak dan beragam, dan memiliki pola tidur yang berbeda pada Sabtu dan Minggu, kamu mungkin akan merasa sedikit tidak enak badan di Senin pagi.

Hal ini bukan berarti kamu tidak bisa memberi tubuh sedikit istirahat di akhir pekan. Tapi cobalah untuk menemukan keseimbangan yang memungkinkan bersantai sambil tetap menjalani rutinitas utama. Misalnya, dengan memanjakan diri, tapi jangan sampai lupa waktu.

Jangan Pikirkan Tugas dan Pekerjaan Selama Akhir Pekan
Lunaediesophobia mungkin pertanda bahwa kamu harus memiliki batasan yang jelas antara bekerja dan bersantai di akhir pekan. Jika kamu selalu memeriksa email pekerjaan ketika harus bersantai di akhir pekan, kamu justru melelahkan diri sendiri.

Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, coba matikan notifikasi email di hari Jumat dan berjaraklah dari masalah yang berhubungan dengan pekerja, agar fokus pada waktu pribadi.

Jangan Kacaukan Siklus Tidur
Perlu diketahui, kurang beristirahat bisa berdampak besar pada perasaanmu di Senin pagi. Melewatkan waktu tidur 7 hingga 9 jam, dapat membuatmu cemas dan depresi. Sebaiknya jagalah jadwal tidur dan bagun seperti hari kerja. Hal ini untuk menghindari rusaknya jam internal kamu.

Kerjakan Tugas-tugas Penting Lebih Awal
Hal ini bisa dilakukan jika diperlukan. Meski berjarak sepenuhnya dengan urusan kerja adalah ideal, tapi itu tidak selalu realistis. Jika kamu ingin hari Minggu yang berkualitas, tapi tidak stres di Senin pagi, kamu bisa sisihkan satu atau dua jam di hari Minggu untuk bekerja. Hal ini untuk meringankan sebagian stres yang datang di hari Senin. Jika kamu memutuskan hal ini, pastikan hari Sabtu kamu benar-benar bersantai.

Hindari Jadwal yang Padat di Hari Senin
Wajar jika kamu merasa kewalahan saat banyak jadwal rapat setelah akhir pekan yang santai. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari jadwal rapat atau tugas besar di hari Senin. Hindari juga untuk menumpuk tugas yang tertunda untuk minggu depan.

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Program Kartu Prakerja Berhasil Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

MATA INDONESIA, JAKARTA-Program Kartu Prakerja diklaim menjadi salah satu program yang membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Tak hanya...
- Advertisement -

Baca berita yang ini