Ketahui! Ini Dia Manfaat Senam ‘Pound Fit’ Bagi Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pound fit menjadi olahraga baru yang sedang digemari masyarakat muda saat ini.

Perpaduan gerakan yang dilakukan dengan gerakan seperti menabuh drum dengan alunan musik energik membuat olahraga ini menjadi pilihan yang menarik.

Tak hanya menyehatkan dan menyenangkan, segudang manfaat pound fit bisa Anda dapatkan jika rutin dilakukan.

Pound fit merupakan jenis olahraga baru yang menggunakan alat semacam stik dan musik sebagai komponen utamanya.

Latihan ini mirip seperti aerobik, tetapi ciri khasnya adalah menggunakan alat yang dinamakan Ripstix, yaitu stik drum ringan seberat 0,45 kg yang dirancang khusus untuk berolahraga. Berbagai gerakan dalam olahraga ini terinspirasi dari gerakan yoga dan pilates.

Berbagai manfaat pound fit di bawah ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk memasukkan olahraga ini ke dalam variasi latihanmu.

Menguatkan otot bagian tengah tubuh

Manfaat pound fit yang pertama ialah menguatkan otot bagian tengah tubuh, salah satunya otot perut. Olahraga ini dirancang untuk menggerakkan badan secara keseluruhan.

Namun, banyaknya gerakan memutar dan gerakan membungkuk akan bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan sekitarnya serta memperkuat jaringan ikat.

Selain itu, olahraga ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan pinggang dan paha yang lebih ramping.

Latihan tubuh secara keseluruhan

Tidak semua olahraga melibatkan keseluruhan tubuh dalam prosesnya. Namun, olahraga yang satu ini merupakan salah satu olahraga yang melibatkan tubuh secara keseluruhan.

Oleh karenanya olahraga ini cocok bagi kamu yang ingin berolahraga secara maksimal dengan hanya mengandalkan satu olahraga saja.

Menurunkan berat badan

Olahraga yang satu ini selain memadukan gerakan yoga dan yoga dan pilates juga dilengkapi dengan unsur kardio, yakni gerakan seperti menabuh drum.

Penggabungan ketiga olahraga ini dalam satu latihan membuatmu mampu membakar kalori hingga 900 kalori per jam.

Hal ini dikarenakan pound fit juga menggerakkan otot-otot yang jarang digunakan sehingga pembakaran kalori cukup maksimal.

Membantu pemulihan pasien selama menjalani terapi fisik

Kirsten Potenza dan Cristina Pereenboom menyatakan bahwa terapi fisik yang paling menantang merupakan salah satu cara terbaik untuk memperkuat otot dan sendi.

Latihan ini bisa digunakan sebagai terapi pelengkap bagi pasien yang sedang menjalani terapi fisik untuk mempercepat pemulihan mereka.

Tentunya, olahraga disesuaikan dengan mobilitas dan kemampuan sang pasien yang tentu masih sangat terbatas.

Tak hanya itu, sebagai olahraga yang diadopsi dari permainan drum, manfaat pound fit serupa dengan seseorang yang bermain drum.

Sejumlah penelitian telah membuktikan seseorang yang memainkan drum memiliki peningkatan fungsi otak dan bisa mengurangi stres.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini