Manshur Angklung (Foto: Istimewa)
Manshur Angklung (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lagu “Lathi” mendadak menjadi viral di Tiktok. Lagu “Lathi” merupakan singel pertama dari grup musik EDM Weird Genius bersama Sara Fajira.

Lagu Lathi yang dalam bahasa Jawa berarti Lidah ini menggambarkan kisah cinta yang penuh dengan kebohongan serta ego, yang akhirnya membuat cinta menjadi suatu hal yang menyakitkan.

Menariknya, lagu ini adalah penggabungan unsur tradisional dan modern. Selain menggunakan lirik dalam bahasa Inggris dan bahasa Jawa, instrumen Jawa juga dimunculkan dalam lagu ini.

BACA JUGA: Widih! Lagu Kekeyi Viral Sampai Korea, Dijogetin Lee In Soo

Saking viralnya, baru-baru ini lagu ‘Lathi’ semakin keren saat dibawakan versi angklung oleh Manshur Praditya. Pria asal Bandung ini yang dikenal dengan nama Manshur Angklung ini memang hobi mengkolaborasikan musik tradisional dengan EDM (Elektronik Dance Music).

Dilihat dalam video yang diunggah di Instagram pada 24 Mei 2020 lalu, Manshur tampak begitu piawai memainkan angklungnya bersama sang rekan. Lagu Lathi terdengar menjadi lebih modern dan unsur mistis dari lagu tersebut pun hilang.

“Dengan adanya lagu ini ternyata bisa membuktikan bahwa musik & budaya tradisional khas Indonesia itu bisa sebanding dengan musik pada umumnya ๐Ÿ™Œ๐Ÿป,” kata Manshur.

View this post on Instagram

Earphone recommended . Selamat lebaran manteman! Mohon maaf lahir & batin yes ๐Ÿ™๐Ÿป . Hiburan buat temen2 saat kumpul keluarga #dirumahaja nih cover lagu yg viral & trending di hampir semua platform digital! The one and only LATHI from @weird.genius ( Angklung toel cover @manshur.angklung X @trizhaharun )๐ŸŽต๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ”ฅ . Dengan adanya lagu ini ternyata bisa membuktikan bahwa musik & budaya tradisional khas Indonesia itu bisa sebanding dengan musik pada umumnya ๐Ÿ™Œ๐Ÿป thankyou for being inspired @ekagustiwana @sarafajira @_geraldgerald_ @ybrap ๐Ÿ™๐Ÿป . Bring Angklung to the next level โค๏ธ . Tshirt by @evening_ltd . @indomusikgram @indoangklung_gram #indomusikgram #indoangklunggram #imgetnik #manshurangklung #bringangklungtothenextlevel #lathi #lathichallenge #lathiweirdgenius #collabjauh #dagelan #music #viral #weirdgenius #weirdgeniuslathi

A post shared by Manshur Praditya (@manshur.angklung) on

Sontak unggahan Manshur ini pun mendapat reaksi positif dari netizen. Kebanyakan dari mereka memuji hasil perpaduan angklung dan EDM yang dibuat Manshur.

“๐Ÿ‘๐Ÿ‘kereenn bangeettt..salam kenal dari Sidoarjo ya. Angklungnya bikin greget..lathi yang punya spirit lain. Nuansa mistisnya jdi hilang. Keren.. Asiik jadinya. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘,” tulis @milaha**ti82.

“Inimah bukan weird genius, tapi PURE GENIUS ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ‘,” kata @gawa**ika.

“petcahhhhhhโค๏ธโค๏ธโค๏ธ๐ŸคŸ๐Ÿป,” kata @bhel**cristy.

“Cadasss pisan.. Alat musik tradisional moal eleh jng alat musik digital ayeuna mah..lestarikan alat musik tradisional jng terus berkarya mang @manshur.angklung ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ ๐Ÿ™ kanggo musisi alat tradisional nu sanes..tetep trus berkarya ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ,” komentar @iwan**0456.

BACA JUGA: Lirik Lagu Daechwita โ€“ August D, Mixtape Kedua SUGA BTS

Dilansir dari berbagai sumber, Manshur diketahui undangan untuk tampil di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, China, Taiwan, Jepang hingga India. Bahkan, ia pernah diundang ke Jawaharlal Nehru University (JNU) India untuk tampil dan memberikan pelatihan dan workshop kepada mahasiswa.

Manshur juga mewakili Indonesia untuk tampil di Yilan International Arts Festival Taiwan pada tahun 2016 serta dan World Harvest Festival Sarawak Culture Village Malaysia. Dalam waktu dekat, Manshur pun akan menjalani tur di beberapa kota di Indonesia. Penampilan Mansyur di berbagai panggung, dalam dan luar negeri dapat dilihat di akun instagramnya @manshur.angklung.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here