(Foto: The Irish Times)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di antara semua hal memalukan yang bisa terjadi saat bercinta, kentut mungkin menempati urutan teratas. Jelas ‘membuang gas’ merupakan hal yang tidak dapat dihindari, sekalipun Anda sedang berada di momen bahagia bersamanya.

Bercinta dengan pasangan, melibatkan semua jenis suara, baik itu erangan, desahan, geraman, jeritan, hingga teriakan, dan bahkan mungkin suara kentut. Jadi mengapa kentut dapat menyerang ketika Anda sedang bergairah?

Asisten Profesor Kedokteran di Divisi Gastroenterologi di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis, Elizabeth Blaney mengatakan bahwa kentut ketika sedang berhubungan intim adalah hal yang normal. Akan tetapi, menjadi tidak normal apabila terlalu sering kentut ketika bercinta dengan pasangan Anda.

“Itu normal bagi orang yang buang angin antara 10 hingga 20 kali per hari dan usus besar Anda tidak terlalu peduli dengan hal lain yang mungkin terjadi. Kentut dapat terjadi pada waktu yang tidak tepat,” kata Elizabeth Blaney, melansir Health, Kamis, 4 Maret 2021.

“Bagian atas vagina berada di dekat bagian bawah rektum, jadi selama berhubungan seks, setiap dorongan dan benturan pada bagian bawah rektum ini dapat menyebabkan keluarnya gas,” sambungnya.

Lantas apa yang terjadi jika Anda sering kentut selama sesi bercinta? Kemungkinan terbesar adalah Anda mengalami sindrom iritasi usus besar (IBS), yang lebih sering terjadi pada perempuan. Dan sekitar dua dari tiga penderita IBS merupakan perempuan.

Dr, Blaney menyarankan, apabila Anda mengalami hal ini maka jangan ragu untuk mengunjungi gastroenterology yang dapat membantu Anda mengetahui apakah IBS atau masalah pencernaan lain yang menyebabkan Anda sering kentut ketika bercinta.

Selain itu, Dr. Blaney juga menyarankan untuk membuang air besar sebelum Anda bercinta. Kemudian, bila Anda merasa bahwa ‘gas’ tersebut akan keluar, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk beralih posisi.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan pemicu kentut yang membuat perut Anda kembung, seperti bawang Bombay, brokoli, Brussels sprouts, dan gandum pada jam-jam sebelum Anda berencana bercinta. Anda juga perlu menghindari minuman berkarbonasi, yang menyebabkan perut Anda kembung.

“Anda tidak selalu dapat mencegah kentut saat berhubungan seks dan sebagian besar waktu, itu tidak menunjukkan ada sesuatu yang salah. Jadi cobalah untuk melepaskannya tanpa terlalu banyak rasa malu atau khawatir,” tuntas Dr. Blaney.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here