Kenapa Sih Wanita Suka Bergosip? Ini Alasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bergosip, bergunjing atau gibah merupakan kegiatan membicarakan kehidupan atau masalah orang lain. Biasanya, orang yang suka bergosip identik dengan kaum hawa.

Wanita memiliki kecenderungan lebih besar untuk bergosip dibandingkan pria. Mereka berpartisipasi dalam lebih banyak dalam obrolan dan lebih menikmatinya.

Walaupun tak semua, image wanita doyan bergosip memang sulit dipisahkan. Sebab, menurut jurnal Evolutionary Psychological Science, kaum hawa lebih suka bergunjing membicarakan kehidupan orang lain, terutama gaya hidup sesama wanita.

Lantas, kenapa sih kebanyakan wanita suka bergosip?

1. Nilai Sosial

Dikutip dari CNN, wanita menganggap bergosip memiliki nilai sosial yang lebih besar, dan memungkinkan mereka mengumpulkan lebih banyak informasi tentang kemungkinan pesaing dalam sebuah permainan.

Dengan demikian, saat berkumpul dengan sesamanya, wanita yang memiliki banyak informasi bisa dianggap memiliki nilai sosial yang tinggi.

2. Gosip Sebagai Senjata

Dalam jurnal Journal of Experimental Social Psychology, gosip dapat menjadi senjata yang digunakan wanita untuk melawan satu sama lain dalam persaingan strategis, khususnya untuk memperebutkan pria.

Dengan maksud bahwa wanita lebih cenderung bergosip atau membagikan informasi yang merusak reputasi atau menyembunyikan informasi positif tentang wanita yang mereka anggap sebagai ancaman, secara langsung atau tidak langsung.

3. Adanya Rasa Iri

Alasan wanita bergosip bisa juga dari timbulnya rasa iri, dengki dan benci pada individu atau kelompok yang ia gunjingkan.

Jika seorang wanita merasa iri dengan sesamanya karena hal-hal yang ia tak miliki, maka faktor tersebut bisa mendorong ia untuk menggosipkannya.

4. Topik Obrolan

Bisa jadi, wanita kerap bergosip karena ingin membangun obrolan sehingga mencari informasi sebagai topik pembicaraan bersama kawan-kawannya. Namun, yang biasa terjadi ialah membicarakan permasalahan hidup orang lain.

Hal tersebut dianggap seru, karena bagi mereka penikmat gosip cara ini bisa membuat suasana obrolan terasa hidup sehingga mereka betah berlama-lama menghabiskan waktu untuk itu.

5. Ingin Terlihat Lebih Baik

Saat sedang bergunjing, biasanya si pelaku gosip memang memberi gambaran bahwa orang yang dibicarakannya tak lebih baik dari dirinya. Hal tersebut terlontar dari mulut si pelaku tanpa ia tahu persis bagaimana kondisi sesungguhnya dari orang yang sedang digosipkan.

Dengan demikian, pelaku gosip akan terbawa arus dan secara reflek menunjukkan kualitas dirinya yang lebih baik dari individu yang ia gosipkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini