Kenali Tokoh yang Ada di Dongeng Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apakah kamu suka membaca dongeng? Membaca dongeng ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menimbulkan kebiasaan membaca. Dongeng ini berisi cerita yang menarik untuk dibaca dan didengarkan. Karena dengan membaca dongeng orang-orang yang membacanya akan terhibur dan meningkat daya imajinasi. Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi.

Dengan tokoh-tokoh fiktif yang terkadang tak masuk akal, dapat menarik perhatian pembacanya. Di dalam cerita dongeng ini memiliki makna dan pesan moral tersendiri. Setiap negara pasti memiliki dongeng. Tokoh di dalam dongeng beragam mulai dari antagonis, protagonis dan tritagonis. Akan tetapi, apakah anak zaman sekarang mengetahui tokoh yang ada di dongeng? Yuk, kenali tokoh-tokoh dongeng yang ada di Indonesia. Simak di bawah ini!

1. Malin Kundang

Malin kundang adalah cerita yang berasal dari provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Legenda Malin Kundang berkisah tentang seorang anak yang durhaka pada Ibunya dan karena itu dikutuk menjadi batu. Pada awalnya Malin Kundang digambarkan memiliki watak patuh pada orang tua, suka menolong, dan sangat menyayangi orang tua. Hal tersebut digambarkan melalui dialog tokoh Mande Rubayah (ibu Malin Kundang) yaitu, “Ya Allah, jauhkan Malin dari bahaya, hindarkan dia dari perbuatan tercela dan larang ia menyimpan niat yang tidak baik. Dia anak yang patuh, cinta kepada ibunya, suka menolong orang, sopan dan halus perasaannya. Semoga ia dalam bimbingan Mu.” Seketika watak Malin Kundang tersebut mengalami perubahan. Wataknya yang sopan dan patuh pada orang tua berubah secara drastis, baik karakter maupun fisiknya. Badannya tumbuh besar dan gagah. Disukai dan dihormati. Hartanya pun tidak sedikit. Bahkan baru saja menikah dengan seorang putri Cina.

2. Dayang Sumbi

Masyarakat sunda pun memiliki legenda dengan tokoh perempuan yang sangat terkenal yaitu Dayang Sumbi. Tokoh dayang sumbi merupakan tokoh pendamping dalam cerita Sangkuriang namun memiliiki peranan yang sangat penting. Dayang Sumbi memiliki tempat yang melekat dalam ingatan masyarakat Sunda,  seorang perempuan yang cantik, tulus, cerdik dan pantang menyerah adalah karakter yang melekat dalam diri tokoh Dayang Sumbi.

3. Purbasari

Lutung Kasarung (artinya Lutung yang Tersesat) adalah cerita yang mengisahkan legenda masyarakat Sunda tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Buana Panca Tengah (Bumi) dalam wujud seekor kera (lutung). Cerita Lutung Kasarung ini memiliki tokoh yang bernama Purbasari,  seorang wanita yang sifat dan kelakuannya sangat baik. Ia lembut, manis budi, dan suka menolong. Siapapun yang membutuhkan pertolongan dengan senang hati dibantunya. Selain hatinya yang baik, Purbasari juga memiliki paras yang cantik dan rupawan. Setiap orang yang melihatnya pasti jatuh hati kepadanya. Sayangnya, kebaikan hati Purbasari tak sama dengan kakaknya yaitu Purbararang. Sifat Purbararang sangat buruk. Walaupun cantik Purbararang sangat kasar, sombong, kejam dan iri hati terhadap siapapun.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

Cerita dongeng yang satu ini mungkin selalu membuat kesal dan sebal terhadap tokoh Bawang Merah dan Ibunya. Kisah ini berasal dari Riau. Dongeng ini menceritakan tentang dua gadis cantik yang bernama Bawang Merah dan Bawang Putih. Mereka hidup bersama, tetapi memiliki karakter yang berbeda. Tokoh dalam cerita ini yaitu Bawang Merah dan Bawang Putih. Seperti yang kita ketahui, karakter Bawang Putih dikenal lembut, baik hati, tekun, rajin dan penuh kasih sayang. Sedangkan Bawang Merah, adalah gadis yang malas, sombong, tega, dan judes. Bawang Putih hidup bersama Ibu tiri, yang memiliki sifat seperti Bawang Merah. Bawang Putih selalu merasa tertekan, karena Ibu tiri dan saudara tiri nya jahat kepadanya. Mereka hanya memanfaatkan harta yang dimiliki oleh keluarga Bawang Putih. Padahal, Bawang Putih sudah sangat baik kepada mereka. Tetapi, mereka menganggap Bawang Putih hanya pembawa sial.

5. Si Kancil

Kancil merupakan tokoh yang populer di dongeng anak Indonesia. Terdapat beberapa fabel yang menceritakan tentang si kancil, seperti kancil dan harimau atau kancil dan petani. Namun, salah satu judul yang paling terkenal, yaitu ‘Kancil dan Buaya’. Dongeng ini mengisahkan tentang seekor kancil yang sedang mencari makan di sebuah hutan. Karena makanan yang dimilikinya sudah habis. Si kancil langsung bergegas pergi untuk mencari makan. Namun, di tengah perjalanannya, ia harus menyeberangi sungai yang dipenuhi sekumpulan buaya yang sedang lapar. Dengan kecerdikannya, si kancil mengelabui buaya untuk berbaris sejajar, agar ia dapat menyeberangi sungai itu. Karakter si kancil dalam cerita ini memiliki sifat yang cerdik dan cermat.

Reporter: Azizah Putri Octavina

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini