Kenali Faktor Risiko Kanker Prostat yang Diidap oleh Arswendo

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Indonesia kembali berduka. Kali ini seorang penulis, wartawan sekaligus sastrawan Arswendo Atmowiloto meninggal dunia karena penyakit kanker prostat pada Jumat 19 Juli 2019. Dirinya dikabarkan berjuang melawan kanker prostat stadium 2.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum menyerang pria. Biasanya pertumbuhan kanker ini sangat lambat dan berkembang di dalam kelenjar prostat.

Namun, ada dua macam kanker prosat yakni tipe yang berkembang lambat dan hanya memerlukan penanganan minim atau bahkan tak perlu penanganan sama sekali, serta tipe yang ganas dan menyebar sangat cepat.

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab pasti kanker prostat. Menurut pemahaman para dokter, kanker prostat muncul ketika beberapa sel pada prostat menunjukkan tanda abnormal. Mengutip laman Mayoclinic, mutasi pada DNA sel-sel yang tidak normal tersebut menyebabkannya tumbuh dan memecah lebih cepat dibandingkan sel normal.

Sel-sel yang tidak normal itu terus berkembang mematikan sel-sel yang sehat di sekelilingnya. Akumulasi sel tidak normal itu kemudian membentuk tumor yang bisa berkembang dan menggerogoti jaringan di sekitarnya. Beberapa sel tidak normal itu juga bisa memecah dan menyebar atau bermetastase ke bagian tubuh lain.

Berikut faktor yang menyebabkan kanker prostat, di antaranya

1. Usia

Pria berisiko terkena kanker prostat seiring dengan bertambahnya usia.

2. Ras

Untuk alasan yang tak pasti, pria berkulit hitam memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat dibandingkan pria dengan ras lain. Pada pria berkulit hitam, jenis kanker prostat cenderung agresif.

3. Riwayat keluarga

Bila dalam keluarga Anda ada riwayat kanker payudara tipe BRCA1 atau BRCA2 maka risiko Anda terkena kanker prostat pun semakin tinggi.

4. Obesitas

Kanker prostat pada pria obesitas cenderung lebih parah dan lebih sulit untuk ditangani.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini