Intip Pesona Curug Parigi, Air Terjun Niagara Mini di Bekasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Melihat pemandangan alam yang begitu asri dan menyejukkan memang cocok untuk melepas penat. Kamu bisa jalan-jalan mencari suasana baru dan menghindar dari segala tuntutan aktivitas sehari-hari.

Di Indonesia tentunya banyak sekali destinasi wisata alam yang menggiurkan untuk dikunjungi dikala liburan bersama keluarga, teman, dan sanak saudara. Bagi yang suka main air, kamu bisa mendatangi curug-curug yang ada di Pulau Jawa.

Ada beberapa curug terbagus dan terindah yang berada di Pulau Jawa. Simak ulasan berikut ini!

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso terletak di daerah Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Panorama Curug Cikaso makin terlihat indah pada saat pagi hari.

Curug Cikaso yang bernama asli Curug Luhur memiliki aliran yang berasal dari anak Sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Letaknya cukup jauh, yaitu sekitar 110 kilometer dari pusat kota Sukabumi. Siapkan mental dan tubuh yang fit ya karena membutuhkan tenaga yang banyak agar bisa sampai ke Curug Cikaso.

Di Curug Cikaso, Kamu bisa melihat 3 titik air curug yang berdampingan dengan indah. Air kolamnya berwarna hijau kebiru-biruan yang membuat terlihat indah di pagi hari tepatnya saat matahari terbit.

2. Curug Malela

 

View this post on Instagram

 

A post shared by CURUG MALELA (@curugmalela.id)

Curug Malela terletak di kaki Gunung Sanggabuana, Bandung, Jawa Barat. Aliran air curug ini berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng, yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey.

Memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar lebih dari 70 meter, curug yang satu ini memang luar biasa indah. Jika berminat untuk berkunjung, biaya atau tiket masuk ke dalam curug sangat terjangkau yakni Rp 5.000 per orang.

3. Leuwi Hejo

Leuwi Hejo sangat sering dikunjungi oleh wisatawan karena keindahannya. Curug ini terletak di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Jawa Barat.

Curug Leuwi Hejo juga dikenal dengan sebutan Curug Bengkok karena bentuk air curug ini tidak lurus dan terlihat bengkok. Leuwi Hejo adalah sebuah air terjun mini yang memiliki kolam kecil yang airnya sangat jernih dan berwarna hijau.

Keindahan dan kesejukan tempat ini menjadikannya destinasi favorit para petualang asal Bogor dan daerah-daerah sekitar seperti Jakarta atau Bandung.

4. Grojogan Sewu

Di daerah Jawa Tengah, tepatnya di Solo terdapat curug yang tak kalah bagusnya dengan di Jawa Barat. Salah satu destinasi wisata alam air curug yang ada di Solo adalah Grojogan Sewu.

Lokasi curug ini ada di daerah Tawangmangu, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Curug ini termasuk dalam kawasan hutan lindung yang dikelola dengan baik oleh pemerintah dan penduduk setempat.

Dalam bahasa Jawa, nama Grojogan Sewu berarti “air terjun seribu” karena air curug ini memang tidak hanya punya satu aliran saja. Curug ini menjadi rekomendasi obyek wisata alam yang bagus untuk dikunjungi sebagai pelepas penat dan bersantai menikmati alam.

5. Curug Sri Gethuk

 

View this post on Instagram

 

A post shared by siti fitri yani (@ysitifitri)

Curug Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Curug ini berada di tepi Sungai Oyo yang bisa dijangkau dengan tracking melewati hutan kayu putih dan ladang pohon jati.

Selain itu, Kamu juga menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah atau menyusuri Sungai Oyo dengan rakit. Setelah sampai, kamu akan terpesona dengan indahnya panorama air curug yang mengalir di antara bebatuan di sana.

Liburan tak perlu yang mahal, menikmati keindahan dan kesejukkan alam merupakan anugerah terindah yang bisa kamu rasakan seperti halnya curug-curug yang ada di Pulau Jawa ini.

Reporter: Ananda Sri Maulida

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here