Keajaiban Daun Tor Bangun, Melancarkan ASI hingga Menghindari Osteoporosis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Daun torbangun atau yang dikenal dengan nama daun jinten adalah salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Daun dengan nama latin coleus aromaticus asal Afrika Selatan dan Afrika Timur ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya dikenal dengan nama daun jinten saja, tanaman ini juga kerap disebut dengan daun aceran, daun kucing, daun kambing, majha nereng, atau daun iwak. Meskipun mungkin masih belum banyak yang mengetahui tentang tanaman ini, namun daun torbangun kini telah mulai dibudidayakan secara luas termasuk di Indonesia.

Apa saja nutrisi yang ada pada daun torbangun?

Daun torbangun masuk ke dalam golongan tanaman herbal yang diyakini banyak mengandung khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut kandungan nutrisi dari daun torbangun:

  • Proterin
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Sodium
  • Zinc
  • Vitamin A, B dan C

Apa saja manfaat daun torbangun untuk kesehatan?

Melihat banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada daun torbangun, maka tak perlu diragukan lagi beragam manfaat untuk kesehatan yang diberikan oleh tanaman ini. Berikut adalah manfaat daun torbangun untuk kesehatan:

  1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C, vitamin A, aneka mineral serta antioksidan yang terkandung dalam daun torbangun memiliki manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga diyakini baik untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan yang ada pada daun torbangun juga dapat mencegah pertumbuhan sel tumor atau kanker. Namun, manfaat ini masih terbatas pada penelitian laboratorium sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Melancarkan ASI

Ibu menyusui perlu mengonsumsi asupan nutrisi serta cairan tubuh yang cukup guna memperlacar produksi ASI. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan atau tanaman herbal, salah satunya dengan mengonsumsi daun torbangun.

Daun torbangun telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk memperlancar ASI. Tanaman ini mengandung senyawa galatagog yang diketahui dapat meningkatkan produksi ASI.

  1. Memperlancar saluran pernapasan

Secara tradisional, daun torbangun telah banyak digunakan untuk mengatasi batuk dan membersihkan saluran pernapasan dari lendir. Sifat antibakteri dan efek ekspektoran yang dimiliki oleh daun torbangun disebut dapat mengencerkan dahak.

Berdasarkan hal itu, daun torbangun baik untuk dikonsumsi sebagai oabt batuk herbal guna mengatasi batuk berdahak akibat flu atau ISPA.

  1. Menurunkan demam

Daun torbangun diketahui dapat meredakan demam karena memiliki kandungan zat anti radang di dalamnya. Selain itu, daun torbagun juga memiliki efek antibakteri sehingga dapat mengatasi infeksi kuman yang dapat meninbulkan demam.

Namun, masih perlu diteliti lebih lanjut mengenai dosis yang tepat, efektivitas, serta keamanan daun torbangun sebagai obat penurun demam.

  1. Melancarkan buang air kecil

Tanaman herbal ini dikenal juga memiliki efek diuretik alami yang dapat merangsang pembentukan dan pembuangan urine. Dengan lebih banyak mengeluarkan urine, zat beracun dan cairan berlebih dalam tubuh pun dapat dikeluarkan.

Efek ini menjadikan daun torbangun baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan ginjal dan mencegah infeksi serta pembentukan batu pada saluran kemih.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan asam lemak sehat seperti omega-3 dan omega-6 pada daun torbangun baik untuk kekuatan tulang dan sendi. Suatu penelian menyebutkan bahwa kandungan omega-3 dan omega-6 bermanfaat untuk mencegah dan meringankan radang sendi serta memperbaiki kerusakan tulang dan sendi akibat penuaan.

Kandungan kalisum dan vitamin D serta asam lemak sehat dalam daun torbangun juga baik untuk mencegah penyakit osteoporosis terutama pada lansia.

Beberapa manfaat dari daun torbangun di atas bisa diperoleh jika dikonsumsi sebagai suplemen atau jamu. Namun perlu diingat, hal tersebut masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan daun torbangun bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi sebagai obat. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi tanaman ini sebagai obat herbal.

Reporter: Sheila Permatasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini