Che guevara (foto istimewa)
Che guevara (foto istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA-Che Guevara telah menjadi satu di antara simbol baru bagi gerak perlawanan. Che Guevara adalah tokoh sejarah dunia yang dipuja sekaligus banyak dikecam.

Namun jasa-jasanya dalam perjuangan revolusi sangat menginspirasi banyak orang. Bahkan tak sedikit orang mengidolakan dirinya. Dirinya merupakan seorang penggila puisi, dan banyak menelurkan kata-kata bijak penyemangat. Apa saja?

  1. “Petani itu adalah seorang yang berkeyakinan baik, orang yang bermoral tinggi, dan memiliki cinta kepada kebebasan yang kokoh.”
  2. “Jika Anda bergetar dengan geram pada setiap melihat ketidakadilan, maka Anda adalah kawan saya.”
  3. “Keberanian yang membuat kalian akan tahan dalam situasi apapun! Nyali sama harganya dengan nyawa. Jika itu hilang, niscaya tak ada gunanya kau hidup!”
  4. “Kau harus berani mempertahankan nyalimu untuk selalu bertanya pada kemapanan, kelaziman, dan segala bentuk pidato yang disuarakan oleh para penguasa.”
  5. “Saya tahu bahwa saat ini semangat pemerintahan besar pemogokan pukulan untuk membagi seluruh umat manusia menjadi hanya dua faksi lawan, saya akan berada di sisi orang-orang biasa.”
  6. “Kami berjuang bersama rakyat dan demi rakyat, ketika seseorang melakukan kesalahan dan itu merugikan perjuangan revolusioner, maka eksekusi mati memang harus dilakukan bukan kami tidak menghargai hak asasi manusia justru kami melindungi hak asasi manusia yang lebih besar.”
  7. “Teman-teman kami dalam benua ini harus yakin bahwa, bila dibutuhkan kami akan berjuang tanpa peduli konsekuensi ekonomi yang terjadi akibat tindakan kami.”
  8. “Keberanian itu seperti sikap keberimanan. Jika kau peroleh keberanian maka kau memiliki harga diri. Sikap bermartabat yang membuatmu tidak mudah untuk dibujuk.”
  9. “Kita tidak akan membiarkan kata ‘demokrasi’ untuk dimanfaatkan meminta maaf mewakili kediktatoran kelas eksploitasi.”
  10. “Ketika pasukan penindasan datang untuk mempertahankan kekuasaan mereka melawan hukum yang ditetapkan, perdamaian dianggap sudah rusak.”

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here