Kata Ahli Jangan Simpan Telur di Pintu Kulkas, Ini Alasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Menyimpan telur ternyata tidak boleh sembarangan karena dapat menyebabkan pembusukan dan membuat orang mengonsumsinya rentan terhadap penyakit serius.

Para ahli mengatakan tentang kesalahan umum yang dilakukan orang dengan penyimpanan telur mereka. 

Banyak lemari es memiliki kompartemen built-in yang praktis untuk telur yang terletak di pintu lemari es. Namun, para ahli mengatakan, menyimpan telur di pintu kulkas merupakan kesalahan.

Menurut para ahli pintu adalah area lemari es yang paling rentan terhadap perubahan suhu, sehingga menyimpan telur di sana akan membuatnya lebih rentan terhadap pembusukan. Sebaliknya, para ahli mengatakan, sebaiknya menyimpan telur di bagian utama lemari es, di bagian belakang rak tengah. 

Lokasi ini memberikan suhu yang paling merata, memungkinkan telur untuk tetap segar dalam jangka waktu yang lebih lama. Bahkan, jika menyimpan telur di lokasi yang tepat di dalam lemari es, para ahli mengatakan bahwa harus tetap meminimalkan membuka pintu lemari es.

“Setiap kali Anda membuka lemari es, suhu di dalamnya akan turun,” ujar peneliti teknologi pangan di Unit Penelitian Keamanan dan Kualitas Telur Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Deana R Jones kepada Food Network, Selasa 12 Oktober 2021.

Untuk membatasi fluktuasi suhu dan meminimalkan risiko pembusukan, Jones menyarankan untuk memikirkan terlebih dahulu tentang hal yang dibutuhkan dari lemari es untuk mempersingkat waktu membua pintu.

Menyimpan telur juga dianjurkan di dalam karton aslinya. Ternyata, cara ini juga membantu memperpanjang umur simpan telur.

“Karton dirancang untuk mencegah kerusakan, serta melindungi telur untuk mengurangi perubahan suhu,” katanya.

Beberapa negara di luar AS memiliki tempat menyimpan telur di atas meja, bukan di lemari es, dan ini merupakan hal yang umum. Namun, para ahli memperingatkan bahwa praktik ini tidak aman di Amerika karena persyaratan USDA bahwa telur dicuci sebelum mencapai rak toko.

Jika disimpan dengan benar, telur yang didinginkan dapat bertahan selama 45 hari dibandingkan dengan telur yang tidak dicuci dan tidak didinginkan. Telur dalam kondisi ini hanya bertahan selama 21 hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini