Kartika Putri bersama Habib Usman Bin Yahya.

MINEWS, JAKARTA – Pasangan Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya baru saja dikaruniai seorang putri cantik bernama Khalisa Aghnia Bahira yang lahir pada 18 Oktober 2019. Berbeda dengan selebritis lainnya yang melahirkan di rumah sakit, Kartika Putri lebih memilih untuk melahirkan di rumah atau home birth.

“Aku niatnya memamg pengin melahirkan di rumah. Jadi dr awal hamil ingin di rumah. Semua orang-orang terdekat nggak ada yang dukung. Bahkan bidannya pun nggak ada yang setuju,” kata Kartika Putri bersama Habib Usman Bin Yahya, saat menggelar konfrensi pers di kediamannya di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin 21 Oktober 2019 malam.

Meskipun demikian, Kartika mengatakan proses melahirkan yang dia lakukan tidak untuk dicontoh banyak orang.

“Jangan dicontoh ya karena ini memang berdasarkan keyakinan aku sendiri. Aku yakin bisa melahirkan anak di rumah sendiri,” ungkap dia.

Dilansir dari beberapa sumber, ternyata proses melahirkan di rumah ini memiliki resiko yang cukup tinggi. Maka dari itu, setiap ibu yang hendak melahirkan di rumah harus memenuhi beberapa kriteria sesuai dengan anjuran dokter.

Salah satunya ialah, sehat dan tidak memiliki kondisi seperti tekanan darah tinggi, diabetes, HIV, hepatitis, atau lupus.

Selain itu ada beberapa resiko yang mungkin terjadi jika melahirkan di rumah. Diantaranya, bayi yang dilahirkan di rumah lebih sering memiliki warna kulit, denyut nadi, dan kekuatan yang buruk segera setelah lahir. Tanda-tanda ini dapat mengindikasikan kemungkinan komplikasi.

Selain itu, bayi yang lahir di rumah dua atau tiga kali lebih mungkin meninggal tak lama setelah lahir. Jika Anda atau bayi Anda membutuhkan perawatan medis darurat, Anda harus pergi ke rumah sakit, yang akan menunda perawatan.

Kelahiran di rumah juga mengakibatkan lebih sedikit komplikasi bagi ibu, termasuk laserasi, infeksi, atau perdarahan.

Kelahiran di rumah bukan untuk semua orang dan bukan tanpa risiko. Tetapi jika Anda memilih untuk melahirkan di rumah, pastikan untuk melakukan penelitian dan menemukan bidan yang berpengalaman dan bersertifikat.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here