Sikat gigi yang menyehatkan
Ini Sikat gigi yang menyehatkan.

MINEWS, JAKARTA – Buat kamu yang punya kebiasaan jorok dan malas sikat gigi, lebih baik pikir-pikir lagi deh. Ini demi kebaikanmu juga kok. Soalnya, ada ancaman risiko kanker yang mengintaimu jika meremehkan pentingnya sikat gigi.

Dalam studi pada jurnal Cancer Research, belum lama ini, ditemukan sebuah hubungan antara penyakit periodental atau masalah gusi akibat malas sikat gigi dengan angka kejadian kanker esophagus, kanker yang terjadi di tenggorokan hingga perut.

Mengutip dari Prevention, studi itu menemukan perkembangan bakteri tannerella forsythia dan porphyromonas gingivalis yang tinggi pada mulut penderita kanker tenggorokan. Bakteri ini menurut studi itu berkembang cepat akibat menyepelekan pentingnya sikat gigi.

Studi ini melibatkan 122 ribu orang selama 10 tahun penelitian dengan mengambil sampel cairan mulut setiap peserta. Selama masa periode penelitian, ditemukan 106 orang yang mengalami masalah kanker esophagus.

Sama dengan beberapa studi sebelumnya, masalah gusi atau periodental kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker mulut, kepala dan leher.

Para peneliti studi itu pun yakin, malas sikat gigi dan pertumbuhan dua jenis bakteri itu barulah sebagian dari penyebab terjadinya kanker esofagus. Masih ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan kanker, terutama gaya hidup yang tidak sehat seperti gizi tidak lengkap.