Jenis Olahraga Ringan untuk Kurangi Stres

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rutinitas kerja yang padat kerap membuat jenuh dan stres. Sebenarnya ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba untuk mengurangi stres. Salah satunya dengan melakukan beberapa olahraga ringan. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah olahraga ringan yang bisa dilakukan di waktu sengggang :

Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa meringankan stres serta meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperkuat dan menyeimbangkan tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada Februari 2019 mengungkap bahwa melakukan yoga tiga kali seminggu selama empat minggu bisa meringankan stres dan mengangkat mood. Kamu bisa melakukan beragam gerakan yoga dan sebaiknya mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu. Dari sini kamu bisa memulai rutinitasmu untuk melakukan yoga ini.

Peregangan
Stres bisa berdampak terhadap otot tubuh. Terutama jika hal ini berupa otot yang tegang di leher atau punggung akibat kamu terlalu lama dan lelah bekerja.

Ketika kamu melepaskan ketegangan di otot melalui peregangan, stres emosi yang kamu alami juga bisa berkurang. Menurut Harvard Health Publishing, manfaat ini bisa kamu peroleh dengan melakukan peregangan selama 10 menit sebanyak 3 hingga 4 menit seminggu.

Lakukan peregangan ini pada area tubuh yang paling kaku. Jika hal ini terjadi di banyak bagian, fokus pada pundak, leher, tumit, serta pinggang untuk menghilangkan rasa kaku.

Berjalan
Berjalan merupaan salah satu olahraga yang paling murah dan mudah dilakukan. Olahraga ini juga diketahui bisa meringankan stres, memperkuat otot, serta meningkatkan kondisi kardiovaskular dalam waktu bersamaan.

Penelitian pada Mei 2018 di Behavioral Sciences mengungkap bahwa berjalan berhubungan dengan hormon kortisol yang berhubungan dengan hormon. Olahraga ini juga bisa membantu seseorang mengatasi stres emosional terutama ketika mereka berjalan di alam bebas.

Untuk menghilangkan stres, kamu juga butuh pakaian dan sepatu yang nyaman saat berolahraga. Selain itu tentukan jalur berjalan yang tepat dan jangan terlalu memaksa tubuh.

Lari
Lari di sini, bukan berarti lari dari masalah ya. Tapi, melakukan lari-lari kecil untuk menurunkan stres.

Olahraga seperti lari melepaskan kandungan kimia yang menenangkan pada otak. Berlari bisa membantu membersihkan pikiran dengan mudah.

Jika kamu seorang pemula dalam berlari, sebaiknya lakukan secara perlahan dan jangan memaksa. Selain itu lakukan berlari dan berjalan secara bergantian agar tidak terlalu memaksakan diri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini