Jenis Anjing K9 yang Sering Menemani Polisi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kata K9 berasal dari bahasa Yunani ”Canineae Familyae,” yang memiliki arti jenis binatang buas. Di dunia militer, tugas unit K9 adalah menjadi penyokong dalam pertempuran.

Unit K9 akan melakukan pengendusan dan mendeteksi bahan peledak yang berbahaya. Anjing tipe ini dalam instansi kepolisian berfungsi untuk menghalau masa, memecah kerumunan massa, menangkap provokator, membantu pelacakan krimimal dll.

Jenis-jenis anjing yang masuk golongan K9 adalah keturunan serigala yang telah melalui proses rekayasa genetika. Adapun jenis anjing K9, di antaranya:

  1. Belgian Malinois

Jenis ini memiliki ukuran sedang hingga besar dan bentuk yang proporsional dalam keluarga anjing gembala. Belgian Malonois juga memiliki bulu coklat kemerahan pendek dengan tanda hitam.

Bertelinga tegak hitam dan moncong hitam. Mempunyai bentuk lebih kotak dibandingkan dengan anjing gembala Jerman. Salah satu anjing berjenis ini yang menjadi anjing K9 Polda Metro Jaya adalah Tina.

  1. Rottweiler

Rottweiler merupakan jenis anjing yang memiliki tubuh tidak terlalu besar. Biasanya berwarna hitam dengan sedikit warna cokelat di moncong dan lehernya. Rottweiler ini dikenal sebagai anjing yang kuat dan agresif terhadap lawan. Salah satu anjing berjenis ini menjadi K9 Polres Grobogan.

  1. German Sheperd atau Helder

Seringkali jenis anjing ini bekerjasama dengan polisi. Selain sangat tangguh, Helder mudah memahami instruksi dari pemiliknya. Tidak salah jika anjing ini masuk dalam golongan K9.

 

Reporter : Diego Edward

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini