Jelang Libur Panjang, Ini Tips Aman dan Nyaman Berkendara Jarak Jauh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Beberapa masyarakat mungkin sudah mempersiapkan destinasi liburan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Namun, mengingat liburan akhir tahun harga tiket melambung tinggi, masyarakat memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi untuk pergi liburan. Meski menghemat biaya, hal tersebut bisa menguras tenaga ekstra.

Tak hanya itu, risiko kecelakaan juga lebih besar, jika kondisi fisik dan kendaraan yang digunakan tak memadai. Maka, jika memutuskan untuk mengendarai kendaraan pribadi saat liburan, butuh persiapan yang matang ya.

Biar gak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, yuk simak beberapa tips di bawah ini buat kamu yang hendak pergi liburan dan berkendara jarak jauh. Agar tetap aman dan nyaman saat mengemudi.

1. Pastikan Kondisi Kendaraan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah memastikan kondisi kendaraan bagus dan prima. Jangan sampai ada kekurangan pada kendaraan yang akan kamu bawa ya. Sebab, hal tersebut bisa saja membahayakan kamu dan keluarga saat berkendara.

Maka, lakukanlah servis pada kendaraan terlebih dahulu sebelum berpergian. Pastikan kondisi mesin, rem, dan lamu kendaraan berfungsi dengan baik agar tak membahayakan kamu dan orang lain.

2. Persiapkan Kondisi Fisik

Selain memeriksa kondisi kendaraan, fisik dan kesehatanmu juga perlu dipastikan sehat dan prima ya. Mempersiapkan kondisi fisik yang sehat jasmani dan rohani sangat penting sebelum kamu berkendara jarak jauh.

Jika merasa kurang sehat, ada baiknya kamu meminta kerabat atau anggota keluargamu untuk menggantikan berkendara. Untuk itu, agar kondisi tetap sehat saat pergi liburan, pastikan istirahatmu cukup dan konsumsi makanan yang bergizi ya.

3. Istirahat saat Mengantuk

Meski hanya duduk, berkendara jarak jauh faktanya melelahkan gaes. Jika sudah sangat lelah, bisa saja kamu mengantuk saat sedang mengemudi.

Kalau sudah begitu, jangan dipaksakan ya gaes. Menepilah di rest area terdekat jika mulai merasa ngantuk saat berkendara.

Perlu kamu ketahui bahwa angka kecelakaan yang menimpa pengemudi ngantuk tidaklah sedikit. Jadi, istirahatlah jika mulai mengantuk ya.

4. Tidak Memaksakan Segera Sampai

Keinginan sampai di tempat tujuan dengan cepat akan mebuatmu jadi terburu-buru dan gak fokus mengemudikan kendaraan. Untuk itu, berkendaralah yang santai dan tak usah buru-buru.

Ingat, kamu ingin pergi liburan bukan ingin berangkat kerja. Berkendaralah dengan tenang agar keamanan dan keselamatan diri serta keluarga juga tak terancam.

5. Ajak Teman Pengganti

Meski sudah memastikan seluruh kondisi di atas, ada baiknya kamu tetap mengajak teman pengganti ya gaes. Gunanya ada teman pengganti ialah untuk bertukar mengemudi saat kamu mulai kelelahan.

Bicarakanlah dengan kerabatmu untuk bergantian mengemudi agar fokus dan kondisi kesehatanmu juga tetap maksimal. Jangan sampai, kamu jadi kelalahan di jalan dan gak bisa menikmati waktu liburan karena terlanjur capek berkendara.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini