Jarang Diketahui, Inilah 3 Hidangan Luar Negeri Mirip Gado-Gado

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak hanya populer di Tanah Air, kini gado-gado pun telah mendapatkan tempat tersendiri di kancah internasional.

Tampaknya, memang sulit untuk menghindari kelezatan hidangan sehat yang satu ini. Namun, apakah Anda tahu jika negara lain ternyata juga memiliki gado-gado?

Yuk, simak informasi dibawah ini!

1. Salad Cobb (Amerika)

Jika Anda pernah mengunjungi negeri Paman Sam, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan hidangan satu ini. Layaknya gado-gado, salad Cobb turut menyajikan berbagai macam jenis sayur-sayuran segar.

Macam-macam jenis selada seperti selada es, selada air, endives dan selada romaine menjadi pilihan yang ditawarkan di atas piring. Dengan tambahan tomat, potongan bacon gurih, telur rebus, daun bawang hingga alpukat sebagai pelengkap.

Tak lupa, taburan keju Roquefort serta vinaigrette anggur yang menggunggah selera. Berbeda dengan salad pada umumnya, Cobb menggunakan irisan daging ayam yang direbus atau dipanggang sebagai pendampingnya.

Menurut Wikipedia, salad ini dibuat pertama kali oleh seorang pemilik restoran bernama Robert Howard Cobb pada tahun 1930.

2. Fiambre (Guatemala)

Nah, bergeser sedikit ke bagian tengah Amerika, Guatemala ternyata juga memiliki hidangan serupa gado-gado lho. Fiambre merupakan santapan yang disajikan untuk memperingati Hari Orang Mati (Day Of The Dead) yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Fiambre akan lebih nikmat jika disajikan dingin dengan bahan makanan yang dibuat berlusin-lusin. Campuran antara sosis, potongan daging dingin, acar jagung muda serta bawang bombay menjadi bahan utama pembuatan fiambre.

Tak jarang, buah bit, bunga pacaya, zaitun bahkan kecambah brussel ikut digunakan sebagai penambah rasa. Serupa dengan salad Cobb asal Amerika, fiambre juga menggunakan potongan keju serta irisan daging ayam yang dijamin akan membuat Anda semakin tergiur.

3. Salad Nicoise (Prancis)

Tidak ketinggalan, Prancis nyatanya memiliki salad Nicoise sebagai ‘kembaran’ gado-gado nih. Makanan asal kota Nice ini agaknya memiliki tampilan yang berbeda dengan salad Cobb maupun fiambre.

Bukan keju atau irisan daging ayam, salad Nicoise tampak nyentrik dengan ikan teri atau tuna sebagai penambah cita rasa. Alhasil, kombinasi unik antara tomat segar, telur rebus, ikan teri maupun tuna yang dilapisi minyak zaitun dapat membawa kelezatan baru bagi lindah Anda.

Selain itu, aneka kacang-kacangan, kentang dan buah polong turut berperan memberikan tekstur yang memanjakan lidah. Bahkan, koki terkenal Gordon Ramsay mengatakan bahwa Nicoise adalah salad musim panas terbaik dari semua salad yang ada.

Itu dia tiga hidangan internasional yang mirip gado-gado. Bagaimana menurut Anda? Apakah hidangan-hidangan tersebut dapat dikatakan sebagai gado-gado versi luar negeri?

Reporter: Ananda Salsabila Nadira

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini