Jarang Didengar, Ini Deretan Mitos tentang Malam Tahun Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Malam pergantian tahun sudah di depan mata. Masyarakat biasanya memanfaatkan momen ini untuk pergi sekeluarga dan menikmati liburan akhir tahun.

Umumnya, malam tahun baru selalu dinikmati masyarakat di seluruh dunia karena dianggap sebagai momen menyenangkan. Akan banyak kembang api hingga suara terompet tanda tahun telah berganti.

Tapi, tahukah kamu kalau malam tahun baru juga ada mitos-mitos yang jarang didengar lho! Ada yang unik, tapi ada pula yang bikin ngeri. Penasaran? Yuk simak!

1. Hari Paling Berbahaya untuk Mengemudi

Di negara barat, malam tahun baru tiba saat musim dingin. Saat itulah disebut sebagai hari yang dianggap berisiko untuk mengemudi, baik mobil atau motor. Hal ini disebabkan buruknya cuaca dan banyaknya orang yang mengonsumsi minuman beralkohol.

Biasanya, angka kecelakaan akan meningkat di malam pergantian tahun. Karena itulah, orang-orang menganggap malam tahun baru sebagai hari yang paling berbahaya untuk mengemudi.

2. Resolusi Tahun Baru Tidak Berguna

Memasuki awal tahun, masyarakat berbondong-bondong membuat resolusi agar bisa dicapai di tahun berikutnya. Tapi, kebanyakan orang percaya membuat resolusi seperti itu tak berguna dan hanya omong kosong belaka.

Dalam sebuah studi di Amerika, terungkap bahwa impian masyarakatnya di tahun baru gagal total. Dari data statistik menunjukkan, hanya delapan persen di antara mereka yang berhasil menjaga resolusinya.

3. Banyak Orang Mabuk

Mitos yang beredar, saat malam tahun baru akan banyak orang mabuk keluar ke jalanan. Hal ini bermula dari cerita seorang blogger pengasuhan anak yang menulis dirinya memilih untuk tinggal di rumah saat malam tahun baru, karena sulit mencari taksi.

Konon, para pengemudinya memilih untuk rehat sejenak dan bersantai terlebih dahulu bersama kolega untuk menikmati bir atau pergi ke kelab malam. Itulah mengapa masyarakat percaya bahwa malam tahun akan banyak orang mabuk berkeliaran.

4. Dilarang Bersih-bersih Rumah

Umumnya, perayaan tahun baru akan dihadiri banyak keluarga dan kerabat. Untuk itu kamu harus bersih-bersih rumah terlebih dahulu dong.

Tapi, sebuah mitos beredar bahwa malam tahun baru dilarang untuk bersih-bersih rumah. Ini berkaitan dengan akan hilangkan rezeki dan keberuntungan jika tetap melakukan 2 hal tersebut. Kepercayaan ini juga banyak diamini keturunan Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini