Jangan Terburu-buru, Ini Pertimbangan Sebelum Memutuskan Menikah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernikahan adalah sesuatu yang sacral dimana kalian saling mengikat janji sehisup semati di hadapan Yang Maha Kuasa. Pada dasarnya, pernikahan pun menjadi momen yang selalu dinantikam semua orang. Apalagi baru-baru ini banyak selebrtitis tanah air yang baru saja menggelar momen bahagia tersebut.

Tentu hal ini bikin iri para jomblowan dan joblowati ya. Mereka ramai-ramai gigit jari melihat manisnya momen para pengantin baru itu.

Namun, sebenarnya kamu gak perlu sedih loh. Faktanya, ada banyak hal yang perlu kamu bertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan menikah. Gak cuma pertimbangan milih jodoh aja, tapi juga konsekuensi untuk selalu hidup bersama.

Nih, biar kamu gak gegabah dan gak cuma ikut-ikutan aja, yuk simak hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan menikah.

  1. Finansial

Gak bisa dipungkiri kalau keuangan adalah hal yang penting sebelum memilih untuk berumah tangga. Kenyataannya, pernikahan gak cuma bermodal cinta, tapi juga materi. untuk itu, kamu harus pikir panjang dulu, terutama soal finansial. Apakah kamu dan pasanganmu sudah berkecukupan untuk membangun bahtera rumah tangga. Jangan sampai, kamu menyesal di kemudian hari ya.

2. Tujuan Hidup

Apa yang kamu inginkan dari sebuah pernikahan? Tentu menjadi rumah tangga yang sakinnah mawadah warahmah dan memiliki tujuan hidup yang baik bukan? Nah, untuk menentukan keputusan ini bukan perkara mudah. Kamu harus diskusikan dengan pasanganmu bagaimana tujuan hidup kalian kedepannya, misalnya, pendidikan anak, jumlah anak dan masih banyak lagi.

3. Hilangkan Ego

Jika kamu dan pasangan masih kerap betengkar karena hal-hal sepele, bisa jadi rasa egois dari kamu maupun pasangan perlu jadi bahan pertimbangan. Kamu perlu membulatkan hati dan belajar lebih ekstra menahan egomu.  Kalau masih belum bisa, lebih baik di urungkan dulu deh keputusanmu tuk menikah.

4. Anak

Nah, meski kedengarannya terlalu jauh untuk membahas soal anak pra menikah, namun hal ini penting untuk kamu bahas bersama pasangan loh. Renacanakan mulai dari jumlah hingga pendidikannya nanti. Lebih afdol, kamu juga bertukar pikiran mengenai cara mendidik anak. Jangan sampai jadi bertengkar karena beda pendapat ya.

5. Apakah Dia Satu-satunya

Hal terakhir yang perlu kamu pikirkan apakah pasangan benar-benar dia yang tepat menjadi pendamping seumur hidupmu. Coba tanyakan pada dirimu sendiri. Apakah keputusanmu untuk hidup bersamanya adalah hal yang tepat. Jangan sampai keputusanmu membawa penyesalan ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini