Rencanakan pernikahan impianmu dan pasangan. (Foto: Bride Magazine)

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Pernikahan adalah hal sakral saat dua insan yang saling mencintai dengan latar belakang berbeda bersatu dalam sebuah janji suci. Tentu saja untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, harus ada cinta, komitmen, kejujuran, dan rasa saling menerima serta menghormati.

Ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang hari bahagia, pernikahan. Dan ini dapat menjadi waktu yang cukup menegangkan bagi pasangan untuk merencanakan pernikahan mereka.

Tak peduli seberapa kuat dan besar rasa cinta Anda, dua pasangan pasti akan menemui perselisihan dan perbedaan pendapat mengenai banyak hal, seperti dekorasi, pakaian, hidangan, hingga tamu undangan. Sebab Anda dan pasangan berharap acara pernikahan yang sempurna, mengingat pernikahan hanya akan terjadi sekali dalam hidup Anda.

Selain hal-hal di atas, yang harus Anda persiapkan adalah fisik, materi, dan yang terpenting adalah mental! Tetap tenang, tarik nafas, dan banyak berdoa. Komunikasi yang jelas dan transparan juga diperlukan untuk Anda yang tengah mempersiapkan pernikahan dengan pasangan.

Melansir Times of India, berikut adalah beberapa cara untuk menjaga komunikasi agar tetap kuat saat merencakan pernikahan yang Anda dan pasangan impikan.

Menerima bahwa itu akan sulit

Langkah pertama untuk memahami satu sama lain adalah menerima bahwa mungkin akan sangat sulit merencanakan pernikahan bersama. Anda yang pernah menertawakan teman-teman karena terlalu stres ketika merencanakan pernikahan, akan membalas karena Anda kini merasakan hal serupa.

Seimbangkan beban

Ini bisa menjadi sangat menjengkelkan ketika pasangan Anda tampaknya tidak menghabiskan cukup waktu dan tenaga untuk merencanakan pernikahan, dibandingkan dengan usaha Anda.

Anda mungkin merasa bahwa pasangan Anda tidak menginvestasikan banyak usaha dan bergantung pada Anda. Pastikan Anda berdua berbagi beban bersama dan menangani apa yang dapat Anda lakukan.

Jangan bertujuan untuk kesempurnaan

Tidak ada pernikahan yang sempurna. Akan selalu ada masalah yang tidak dapat Anda kendalikan. Jangan terobsesi dengan bagaimana segala sesuatunya akan menjadi sempurna, melainkan yakinkan diri Anda dan pasangan bahwa Anda berdua akan berusaha memastikan semuanya berjalan lancar. Mencapai kesempurnaan hanya akan menyebabkan banyak tekanan dan stress yang tak perlu.

Tetapkan beberapa batasan

Jangan menjadi pengantin paranoid yang makan, tidur, dan berbicara tentang perencanaan pernikahan sepanjang waktu. Tidak hanya pasangan Anda, tetapi anggota keluarga dan teman Anda juga akan bosan dan jengkel jika Anda terus membicarakan pernikahan. Ambil cuti dan jalan-jalan sore, di mana Anda bisa membicarakan hal-hal lain dengan tunangan Anda.

Duduk dan bicarakan masalahnya

Jika Anda kesal dengan pasangan karena suatu masalah selama perencanaan pernikahan, maka disarankan untuk mengkomunikasikan masalah Anda kepada pasangan Anda secara langsung.

Jangan menunggu masalah menjadi kian besar. Tujuannya adalah untuk mempertimbangkan pendapat satu sama lain dan menyelesaikan masalah secara efektif, tanpa menimbulkan masalah yang lebih besar, tepat sebelum pernikahan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here