Jangan Panik! Ini Cara Hilangkan Noda Membandel di Pakaianmu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seringkali kita tak sengaja menumpahkan sesuatu di baju yang tengah kita pakai. Bisa itu makanan, minuman, atau bahkan tinta yang membuat baju kita jadi dekil dan kotor.

Gak cuma kotor, pakaian tersebut juga jadi bernoda dan gak sedap dipandang. Bahkan, terkadang noda tersebut membandel dan jadi susah dihilangkan.

Jangan panik ya. Ada kok caranya untuk menghilangkan noda bandel di pakaianmu. Selain menggunakan detergen, menambahkan beberapa zat tambahan bisa membuat noda hilang segera. Nah, penasaran bagaimana caranya? Yuk simak!

1. Rendam dengan Garam dan Hydrogen Peroksida

Meski sudah berhati-hati, ada saja tindakan ceroboh yang kita lakukan dan membuat pakaian kita terkena noda. Nah, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah merendam bajumu dengan air garam dan berikan hydrogen peroksida.

Mulanya, kamu teteskan dulu cairan hydrogen peroksida pada noda di pakaian. Cairan tersebut bisa kamu beli di apotek terdekat ya. Lalu, rendam pakaian di air dingin, yang sudah dimasukkan 4 sendok garam dalam 4 liter air, dan rendam selama 30 menit.

Lalu sikat atau rendam dengan detergen agar lebih wangi.

2. Cairan Pencuci Piring

Noda membandel bisa bermacam-macam. Salah satunya ialah lumpur atau tanah. Jika pakaianmu terkena kotoran ini, jangan panik ya.

Kamu bisa siapkan campuran cairan pencuci piring dan cuka dalam air dingin. Lalu kamu bisa merendam pakaianmu yang terkena lumpur dan tanah beberapa saat.

Ingat, kamu tak perlu menyikatnya terlalu kencang ya. Cukup dikucek secara perlahan agar pakaianmu tak cepat sobek dan rusak.

3. Alkohol

Gak cuma bisa mengobati luka, alkohol juga bisa untuk mengatasi noda membandel loh. Khususnya noda tinta yang mengenai pakaian kamu.

Saat pakaianmu terkena noda tinta pulpen, maka dicuci dengan detergen saja tidak cukup. Karenanya, kamu butuh bahan tambahan untuk meghilangkan noda tersebut. Jadi, gunakanlah alkohol.

Caranya juga gampang banget. Cukup oleskan sedikit alkohol pada noda di pakaianmu. Kemudian, baru rendam dengan air detergen. Dengan demikian, pakaianmu bisa tampak bersih lagi seperti baru beli.

4. Cuka

Ketumpahan teh atau kopi memang bikin kesal. Sebab, minuman tersebut bisa meninggalkan noda yang sulit hilang dari pakaian. Jangan sedih, ada kok caranya.

Siapkan cuka dan gosoklah tepat di noda yang ada di bajumu. Lakukan gerakan tersebut secara perlahan. Jika sudah, merendamlah dengan detergen agar pakaianmu jauh lebih bersih.

5. Baking Soda

Gak cuma buat bikin kue, baking soda nyatanya memiliki fungsi lain, salah satunya menghilangkan noda membandel. Salah satunya, noda yang disebabkan dari deodorant.

Menggunakan deodorant biasanya meninggalkan noda pada pakaianmu. Perlu kamu pahami bahwa noda dari deodorant termasuk yang susah dihilangkan.

Maka, coba siapkan baking soda dan campurkan dengan air. Lalu, gosokkan pada noda di pakaianmu dan rendam dengan cairan yang sama selama 30 menit. Setelah itu, barulah kamu cuci seperti biasa dengan detergen ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini