Jangan Malu, Ini Sederet Tanda Kamu Harus Pergi ke Psikolog

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kehidupan yang dialami manusia tidaklah mudah. Ada saja masalah dan cobaan yang harus dihadapi setiap harinya.

Terkadang, permasalahan yang terjadi membuat kebanyakan orang menjadi stres dan sedih. Jika dibiarkan, hal ini bisa memicu gangguan mental akibat permasalahan yang dipendam sendiri.

Maka dari itu, manusia sebenarnya membutuhkan bantuan orang profesional untuk mengatasi berbagai masalah dalam hidup. Sebab, bisa saja hal-hal yang tidak diinginkan menimpa seseorang yang sudah larut dalam kesedihan dan depresi.

Namun, kamu gak perlu malu ya. Segeralah konsultasi ke ahlinya seperti psikolog jika merasa ada masalah dengan kesehatan mentalmu. Psikolog dibutuhkan oleh siapa pun yang ingin menyelesaikan masalahnya.

Nah, ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan bahwa sudah waktunya bagi kamu untuk segera berkonsultasi dengan psikolog. Apa aja sih tandanya? Yuk simak!

1. Merasa Cemas Terus Menerus

Saat akan menghadapi sesuatu yang menegangkan, tentu secara reflek dirimu akan merasa gugup dan mengalami kecemasan. Hal tersebut lumrah dirasakan manusia.

Namun, jika kamu mulai merasa cemas terus menerus apalagi tanpa sebab, ini adalah tanda kamu perlu mengunjungi psikolog. Seorang psikolog Mary Alvord mengatakan, kecemasan yang sangat intens dapat mengganggu kehidupan sehari-harimu dan menyebabkan serangan panik.

Nah, gak usah malu ya. kamu perlu konsultasikan pada ahlinya agar kondisi ini tak semakin parah.

2. Gangguan Fisik yang Tak Bisa Dijelaskan

Dilansir dari Healthline, stres tak hanya berdampak pada kesehatan mental, tapi juga secara fisik. Penelitian menegaskan bahwa stres dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai gejala pada tubuh.

Gangguan fisik yang bisa dialami seseorang saat stres berlebih meliputi sakit kepala, sakit perut, gangguan pencernaan, hingga melemahnya sistem kekebalan tubuh. Jika kamu mengalami hal tersebut saat mengalami masalah yang berat, coba mulai menemui psikolog untuk konsultasi lebih lanjut ya.

3. Produktivitas Menurun

Tahap selanjutnya yang mengharuskan kamu menemui psikolog ialah saat produktivitas menurun. Biasanya, saat dilanda masalah, kinerja seseorang mulai berkurang dari biasanya.

Hal tersebut disebabkan dari beban pikiran atau masalah yang mempengaruhi mood orang tersebut. Gak cuma itu, fokus dan konsentrasi orang yang sedang mengalami masalah juga akan berkurang. Maka, segera bertemu psikolog jika mengalami tahap ini.

4. Kehilangan Hobi

Jika masalah yang menimpa membuatmu tak lagi menyukai hobi kamu sendiri, maka ini merupakan tanda kamu perlu konsultasi dengan psikolog. Sering kali rasa stres menghilangkan gairah kamu terhadap hal-hal yang sebelumnya selalu membuatmu gembira.

Seorang psikolog, Reidenberg mengatakan orang cenderung tidak merasa bahagia dan seperti tanpa tujuan saat merasa stres dan kecewa. Hal itulah yang membuat seseorang kehilangan hobi dan kegembiraannya saat merasa depresi.

5. Mengonsumsi Obat-obatan

Terakhir, tanda kamu perlu pergi ke psikolog ialah saat kamu mulai mengonsumsi obat-obatan. Banyak orang yang saat depresi, stres dan kecewa mulai menyentuh alkohol dan obat-obatan untuk menenangkan dirinya.

Padahal, cara tersebut tidaklah benar bahkan bisa berbahaya bagi kesehatanmu. Untuk itu, jika sudah berada di tahap ini, maka menandakan kamu butuh pertolongan seorang psikolog untuk membantu mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini