Jangan Lengah! Ini 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Mengemudi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagai pengemudi mobil demi berkendara yang aman tentu Anda harus memperhatikan peraturan dan rambu lalu lintas. Hal ini bertujuan agar kamu mengemudi dengan aman dan nyaman.

Tak hanya itu, sejumlah aktivitas pu  sebaiknya dihindari saat sedang menyetir. Pasalnya, beberapa kegiatan yang dikira sepele, bisa saja memecah konsentrasi dan mengakibatkan hal yang fatal.

Lantas, hal apa saja yang tak boleh kamu lakukan saat sedang menyetir? Yuk simak!

  1. Makan Saat Mengemudi

Mengemudi sambil makan itu sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan, karena pada saat makan biasanya para pengemudi bisa jadi lebih fokus dengan makanannya dibandingkan dengan mengemudikan mobil. Oleh karena itu, disarankan menepi sebentar untuk menghabiskan makanannya baru setelah itu bisa melanjutkan perjalanan.

  1. Bermain Smartphone

Saat ini, penggunaan smartphone sambil berkendara adalah hal yang dilarang dan bisa terjerat UU No. 22 tahun 2009, pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi, dan jika dilanggar akan dijerat denda maksimal Rp 750.000,- dan kurungan 3 bulan seperti yang diatur pada pasal 283 UU yang sama.

Maka dari itu, berkendaralah dengan fokus dan hindari penggunaan smartphone demi keselamatan bersama. Jika ada hal yang darurat, cobalah untuk berhenti di tempat yang aman dan baru menggunakan smartphone.

  1. Mengemudi di Saat Mengantuk

Bila rasa mengantuk sudah mulai muncul, jangan paksakan diri untuk terus berkendara karena dapat berbahaya bagi Anda dan bagi para pengguna jalan yang lain. Kondisi ngantuk saat menyetir dapat membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi dan bereaksi terhadap apapun yang terjadi di jalan raya.

Berhentilah sebentar di pinggir jalan atau rest area, regangkan badan, cuci muka, atau bila perlu tidur sebentar untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda agar bisa siap untuk melanjutkan perjalanan.

  1. Bercanda berlebihan

Baik pengemudi yang masih pemula atau yang sudah berpengalaman tidak boleh bercanda secara berlebihan selama mengendarai mobil. Apalagi jika sampai tertawa terbahak-bahak, karena akan mempengaruhi respon seseorang dalam menyetir mobil.

  1. Memakai Make-up

Menggunakan make-up saat di perjalanan ataupun saat menunggu lampu merah adalah salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan oleh para pengemudi wanita. Tetapi, sebenarnya tidak disarankan untuk melakukan itu selama Anda berada di jalan raya, karena akan membuat Anda kehilangan konsentrasi saat berkendara sehingga bisa membahayakan Anda dan pengendara lain.

Dengan mengetahui 5 hal yang harus dihindari ini, semoga para pengendara baik kalangan anak muda atau kalangan dewasa bisa lebih sadar lagi akan pentingnya keamanan dalam berkendara demi keselamatan bersama.

Reporter : Nabila Kuntum Khaira Umma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini