3 Manfaat Ngopi di Pagi Hari
Ilustrasi minum kopi (batamnews.co.id)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kopi tampaknya menjadi minuman favorit banyak orang. Apalagi, kini marak kedai kopi kekinian dengan rasa yang diinovasikan menambah daya tarik para pecinta kopi.

Rasanya yang nikmat dan coffee shop yang nyaman, membuat banyak orang enggan pergi dari tempat tersebut dan rela meneguk bergelas-gelas kopi. Namun sayangnya, hal itu tak baik untuk dilakukan loh!

Terlalu banyak minum kopi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya untuk tulang. Faktanya, terlalu sering minum kopi bisa menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Menurut Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc, selaku Pakar Gizi Medik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, osteoporosis bisa disebabkan dari berbagai faktor. Salah satunya terlalu banyak minum kopi dalam sehari.

”Terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan kita mengeluarkan cairan dari urin. Cairan tersebut termasuk kalsium pada tubuh yang seharusnya bisa diserap untuk kesehatan tulang,” ucapnya dalam acara webinar ‘CDR Ajak Perempuan Indonesia Cegah Osteoporosis’ pada Kamis, 22 Oktober 2020.

Selain itu, Dr. dr. Saptawati juga menyampaikan bahwa osteoporosis merupakan silent killer, atau membunuh secara perlahan. Sebab, penyakit itu tak selalu memiliki gejala dan sering kali dianggap tak mengkhawatirkan.

”Osteoporosis itu silent disease, silent killer, tau-tau sudah patah tulang. Maka penting sekali untuk menjaga kesehatan tulang dengan asupan kalsium dan vitamin D yang baik,” ucapnya.

Salah satu cara yang dikampanyekan dalam acara tersebut untuk mencegah osteoporosis sejak dini ialah 3S, yaitu Saatnya mulai dari dini, Sediakan nutrisi dan terapkan pola hidup sehat, Suplementasi dengan vitamin D.

Dari cara itulah, masyarakat diingatkan untuk selalu menjaga gaya hidup dan kesehatan tulang, termasuk membatasi asupan kopi setiap harinya. Dr. dr. Saptawati pun menjabarkan berapa idealnya jumlah asupan kopi per hari.

”Amannya sehari dua cangkir kopi,” kata dr. Saptawati.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here