MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat memiliki waktu luang dan terlalu lelah dengan aktivitas yang telah dilakukan, sebagian orang terkadang memilih menggunakan sedikit waktunya untuk tidur siang. Tidur selingan dikala aktivitas padat ini ternyata memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh.

Namun beberapa manfaat baik tersebut akan terasakan jika kamu melakukannya dengan benar. Sedangkan jika kamu melakukannya dengan salah, maka hanya dampak buruklah yang akan kamu rasakan. Lalu agar tidak keliru dan lebih terasakan manfaatnya, berapa lamakah waktu yang baik untuk tidur siang yang hanya selingan ini?

Dr. Reisa Broto Asmoro menuturkan, tidur siang yang baik, yaitu tidak lebih dari 30 menit. Pasalnya, tidur berlebihan saat siang hari ini tidaklah baik untuk tubuh. Akan ada banyak bahaya mengintai jika hal ini dilakukan secara berulang-ulang. Lalu untuk waktunya sendiri, ia pun mengatakan jika waktu yang baik untuk tidur siang adalah dalam rentang pukul 01.00 – 03.00 sore hari.

“Lebih baik tidur itu pada pukul 01.00 – 03.00 sore, jadi jam-jam tersebut adalah waktu yang sangat ideal untuk tidur siang,” ucap dr. Reisa Broto Asmoro.

Adapun beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika melakukan tidur siang dengan baik. Beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Konsentrasi

Kesulitan berkonsentrasi memang sering kali menyerang. Apalagi jika stress sedang melanda, kamu tentu akan mengalami kesulitan berkonsentrasi. Maka dari itu, saat hal ini terjadi segeralh untuk melakukan tidur siang.

2. Mengembalikan Energi Tubuh

Walaupun baru beraktivitas setengah hari, terkadang padatnya hal yang dilakukan membuat tubuh menjadi cepat lelah dan kekurangan energi. Dengan beristirahat dan menidurkan tubuhmu sejenak, energi yang sebelumnya sempat habis dapat kembali pulih seperti sedia kala.

3. Menyegarkan Tubuh

Tidur siang yang dilakukan dengan baik sesuai anjuran, dapat membuat tubuhmu kembali segar. Sedangkan jika hal ini dilakukan dengan berlebihan, kamu hanya akan merasakan dampak buruknya seperti pusing dan mengantuk berlebihan. Maka dari itu, saat tubuhmu lelah cara terbaik untuk kembali menyegarkan adalah dengan tidur siang sesuai anjuran.

4. Meringankan Stres

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, saat sedang dalam keadaan stress dan mengarah pada frustasi, tidur siang dapat membantu meredakan hormon-hormon pemicu stress. Sehingga saat bangun, tubuh akan kembali rileks dan stress berkurang.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, orang yang tidur siang selama 45 – 60 menit memiliki tekanan darah cenderung normal. Sehingga tidur siang sejenak ini dapat memulihkan tubuh dari situasi yang penuh tekanan.

6. Membuat Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

Manfaat selanjutnya yang akan kamu rasakan jika melakukan tidur siang dengan benar adalah membuat kualitas tidurmu saat malam hari menjadi lebih baik. Namun hal ini perlu didukung dengan beberapa kegiatan seperti berolahraga secara rutin.

Selain dapat memperbaiki kualitas tidur, kombinasi dari tidur siang dan rutin berolahraga ini dapat juga membuat kesehatan mental dan fisik menjadi lebih baik. Itu dia beberapa manfaat dan waktu terbaik untuk tidur siang. Usahakan untuk tidur siang dengan benar sesuai anjuran ya! Pasalnya, jika keliru akan ada banyak bahaya yang malah mengintaimu.

Penulis: Rini Apriliani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here