Ilustrasi mantan (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki awal bulan, biasanya akan hadir tanggal-tanggal cantik dan menarik. Contohnya seperti di bulan ini, yakni 12 Desember atau disebut 12.12.

Tanggal cantik tersebut biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar suatu acara karena dianggap sangat memorable. Salah satunya untuk melangsungkan pernikahan.

Sering kali pasangan melakukan acara pernikahan tepat di tanggal yang menarik dan unik. Tak terkecuali mantan kekasihmu yang bisa saja sudah memutuskan untuk menikah dengan pasangannya di tanggal tersebut.

Kalau sudah begini, kamu mungkin bingung. Pasalnya, jika kamu diundang ke pernikahan itu, tentu kamu akan merasa segan karena pernah menjalin hubungan dengannya.

Jika hal tersebut terjadi padamu, jangan pusing! Menghadiri pernikahan mantan bukan suatu keharusan kok. Mungkin kamu merasa tak enak karena merasa sudah diundang di hari bahagianya. Tapi, kondisi hatimu tetap yang harus kamu utamakan.

Untuk itu, kamu harus memikirkan alasan yang baik dan sopan jika tidak menghadiri undangannya. Agar si dia tidak tersinggung, yuk simak beberapa alasan cerdik yang bisa kamu gunakan saat tak ingin menghadiri acara pernikahan mantan.

1. Alasan Pekerjaan

Alasan pertama yang bisa kamu coba ialah menggunakan kesibukanmu di pekerjaan. Pasalnya, pekerjaan merupakan sebuah tanggung jawab yang harus kamu lakukan.

Menggunakan alasan soal pekerjaan dirasa cukup sopan dan masuk akal jika kamu tak ingin menghadiri acara pernikahannya. Tapi, tetap gunakan kata ‘maaf’ saat menyampaikannya ya.

2. Acara Keluarga

Tenang, kamu bisa pakai alasan acara keluarga untuk menolak menghadiri undangan mantanmu kok. Tak dapat dipungkiri, alasan keluarga juga cukup masuk akal dan tidak bisa diganggu gugat.

Kamu bisa mengabarkan mantanmu bahwa ada acara keluarga yang tak bisa kamu tinggalkan. Dengan begitu, mantanmu bisa mengerti dan tak memaksamu untuk hadir di acara pentingnya.

3. Masalah Jarak

Alasan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk tak menghadiri acara pernikahan mantanmu ialah kendala jarak. Kamu bisa beralasan padanya kamu sedang di luar kota dan jarak tempunya terlalu jauh.

Dengan menggunakan alasan tersebut, mantanmu pasti akan mengerti dan tak memaksamu untuk datang.

4. Berkata Jujur

Jika merasa alasan di atas mmebuatmu merasa tak nyaman, cobalah berkata jujur dengan mantan pasanganmu. Katakan saja kamu tak bisa menghadiri acaranya sesuai dengan apa yang kamu rasakan. Yakinkan bahwa kamu dan mantanmu sudah sama-sama dewasa dan bisa menghargai alasan satu sama lain.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here