Jangan di Skip! Tetap Pakai Sunblock di Musim Hujan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Iklim Indonesia yang tropis mengharuskan masyarakatnya untuk menggunakan sunblock atau tabir surya saat keluar rumah. Ganasnya sinar matahari yang menyerang kulit tanpa perlindungan bisa menyebabkan beragam masalah loh, mulai dari flek hitam hingga kanker kulit.

Tapi, akhir-akhir ini, cuaca lebih sering murung ketimbang cerah. Panas matahari jadi tak seterik biasanya, sebab kini mulai memasuki musim hujan.

Lantas, kalau cuaca lagi mendung kayak gini, harus gak sih kita pakai sunblock?

Jawabannya tetap perlu. Mungkin kamu akan berpikir kalau saat mendung memakai sunblock akan tak berguna karena matahari tertutup dengan awan.

Dilansir dari Beauty Journal, saat cuaca mendung, awan memang menyaring sinar matahari, tetapi bukan sinar UV. Sinar tersebut dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit.

Menurut Skin Cancer Foundation, awan menghalangi sedikitnya 20 persen dari sinar UV. Jadi, pada hari yang berawan, kamu masih mendapatkan hingga 80 persen dari efek keras matahari.

Para peneliti di Amerika Serikat bahkan setuju kalau cuaca mendung justru berisiko lebih tinggi, karena sinar UV memantul dari awan. Jadi dapat disimpulkan, bahwa kamu tetap harus pakai sunblock meski cuca sedang mendung.

Perlu kamu pahami juga cuaca dapat berubah-ubah. Bisa saja, saat kamu keluar rumah cuaca lagi mendung. Namun, saat di perjalanan, cuaca kembali terang. Itulah sebabnya, kamu gak boleh skip pakai sunblock saat keluar rumah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini