Jangan Coba-coba Olahraga Berlebihan, 3 Penyakit Serius Ini Mengintai

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Salah satu cara hidup sehat adalah dengan rutin berolahraga. Ya benar sih, olahraga yang tepat akan membuat tubuh bugar. Tapi, olahraga tidak bisa dilakukan sembarangan loh, apalagi berlebihan.

Kerap kali, banyak orang yang mengidamkan tubuh ideal melakukan olahraga secara berlebihan. Mereka beraktivitas tanpa tahu risiko apa yang mengancam di balik kebiasaan buruk tersebut.

Kelelahan akibat olahraga berdampak buruk bagi kehidupan seseorang, misalnya kemampuan belajar berkurang, sampai masalah kemampuan motorik yang terganggu.

Namun, ada 3 penyakit yang kerap mengintai bagi siapapun yang suka melakukan olahraga secara berlebihan. Mengutip The Health Site, penyakit tersebut adalah sebagai berikut

1 Ketahanan Tubuh Jadi Rendah

Ketika tubuh kelehan dan mendapat tekanan fisik seperti saat berolahraga, tubuh secara otomatis akan melepas hormoin kortisol yang bertindak sebagai immunosuppresant. Ketika itu, tubuh membutuhkan waktu 72 jam untuk pulih kembali. Dalam kondisi pemulihan, tubuh sangat rentan terhadap virus maupun bakteri.

2. Serangan Jantung

Hasil penelitian ini menemukan bahwa ketika seseorang sangat kelelahan akibat olahraga berlebihan, maka risiko serangan jantung juga meningkat. Risiko ini bahkan bisa meningkat tiga kali lipat ketika seseorang yang sedang marah atau emosi mengalami kelelahan yang luar biasa karena olahraga.

3. Cedera Lutut Parah

Sebuah penelitian oleh University of California San Francisco (UCSF) menyebut bahwa aktivitas fisik yang tinggi, seperti berolahraga secara berlebihan, dapat mempercepat munculnya cedera lutut. Namun, risiko ini biasanya lebih menyasar kepada kelompok paruh baya.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini