Jangan Buat Foya-foya! Ini Manfaat Pakai Kartu Kredit kalau Digunakan dengan Bijak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penggunaan kartu kredit sering dianggap berbahaya dan merugikan bagi setiap orang. Mereka berpikir, jika menggunakannya, maka akan dibayangi tagihan melunjak yang bikin jantungan.

Hal tersebut memang kemungkinan bisa terjadi. Tapi, itu karena pemakaian yang sembarangan dan tidak bijak.

Kalau digunakan dengan baik dan benar, pemakaian kartu kredit juga memberikan manfaat loh. Asalkan, gak cuma dipakai untuk foya-foya.

Nih, biar pikiranmu tentang kartu kredit gak salah kaprah lagi, simak manfaat pemakaian kartu kredit jika digunakan dengan benar.

1. Alat Transaksi untuk Produk Luar Negeri

Sering kali kita ingin membeli barang yang tokonya gak ada di Indonesia. Mulai dari langgangan platform nonton streaming, membeli tas branded dan sebagainya. Nah, biasanya, toko atau website tersebut mengharuskan kita memiliki kartu kredit sebagai transaksi.

Maka, keuntungannya memiliki kartu kredit ialah bisa bertransaksi di website ataupun toko dari luar Indonesia. Hal tersebut tentu sangat memudahkan kamu ketimbang harus ikut pre order atau jastip (jasa titip) dengan orang lain.

2. Aman dari Penipuan

Manfaat lainnya dari penggunaan kartu kredit ialah aman dari penipuan. Jika kamu mengalami penipuan atau penyalahgunaan pada kartu kreditmu, maka kamu tidak akan diberikan sanksi sebagai pengguna.

Asalkan, kamu segera melaporkan hal tersebut ya. Hubungi pihak terkait sesuai dengan syarat yang diberlakukan jika mengalami hal di atas.

3. Sebagai Dana Cadangan

Terkadang, ada saja peristiwa tak terduga yang mengharuskan kita mengeluarkan dana cukup banyak. Padahal, waktu gajian masih beberapa hari lagi.

Nah, dengan memiliki kartu kredit, kita bisa menangani permasalahan tersebut tanpa perlu repot mencari pinjaman ke sana ke mari. Namun, tetap perlu kamu perhatikan limitnya ya dan pergunakan seperlunya, sesuai dengan dana yang dibutuhkan.

4. Pengeluaran Lebih Terlacak

Mengetahui apa saja pengeluaran kita tiap bulannya merupakan hal penting bagi setiap individu. Sebab, kita jadi tahu untuk apa saja gaji yang kita terima.

Nah, dengan pemakaian kartu krediti ini, pengeluaranmu jadi lebih terlacak. Kamu tak perlu lagi mencatat secara manual. Sebab, setiap pengeluaran akan tercatat secara otomatis dalam lembar tagihan yang kamu terima setiap bulannya.

5. Praktis dan Aman

Terakhir, kamu bisa merasakan transaksi yang praktis dan aman jika memiliki kartu kredit. Membawa kartu kredit saat berpergian, tentu lebih aman dan tenang ketimbang membawa uang tunai. Sebab, kartu kredit mampu meminimalisir berbagai risiko seperti kehilangan uang tunai karena tercecer atau menjadi korban kejahatan.

Kembali ke poin dua, saat kartu kreditmu dicuri dan disalah gunakan, kamu tak perlu takut. Segera laporkan bank penerbit untuk membekukan dan membatalkan seluruh transaksi yang tidak kamu kehendaki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini