Jangan Bete Gaes, Yuk Intip 5 Cara Ini Biar Gak Sedih Meski Tak Lolos SBMPTN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jumat 14 Agustus 2020 adalah hari yang dinanti para calon mahasiswa baru. Sebab, itu adalah hari dimana hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diumumkan lolos atau tidaknya.

Nah, selamat ya bagi kamu yang lolos ke perguruan tinggi yang kamu impikan. Tapi, buat kamu yang belum lolos, jangan berkecil hati. Bukan berarti bodoh, melainkan sudah jalannya untuk kamu belum bisa berkuliah disana.

Kamu boleh kecewa, tapi jangan berlarut-larut ya. Jalanmu masih panjang dan kamu gak boleh berhenti sampai disitu. Untuk mengatasi kesedihanmu, kamu bisa coba lakukan hal-hal di bawah ini biar lebih semangat. Yuk simak!

  1. Bersyukur dan Ikhlas

Segala sesuatu sudah sepatutnya untuk kita syukuri dan dihadapi dengan rasa ikhlas dan lapang dada. Bahkan dalam keadaan gagal sekali pun. Dengan merasa bersyukur dan ikhlas kamu pun akan merasa lebih lega dan bahagia.

Karena, kamu akan berpikir jika Tuhan pasti akan memberimu jalan yang lebih baik dari ini. So, syukuri aja apa yang kamu dapat ya. Percaya bahwa ini adalah hal yang terbaik yang pernah terjadi di hidupmu.

2. Dekatkan Diri dengan Tuhan

Saat merasa sedih dan kecewa, rasanya dunia seperti hancur. Tapi sebenarnya sama sekali tidak kok. Cobalah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan saat hati sedang sedih dan murung. Curahkan saja apa yang kamu rasa di dalam hatimu. Percayalah bahwa Tuhan sama sekali tak pernah membiarkanmu terpuruk.

Berdoalah dengan sepenuh hati dan jangan salahkan kehendak-Nya atas apapun yang terjadi pada dirimu. Dengan begitu, suasana hatimu bisa lebih tenang, nyaman dan kamu tak akan berlarut-larut dalam kesedihan.

3. Coba Perguruan Tinggi Lain

Ada baiknya setelah dinyatakan tidak lolos di perguruan tinggi yang kamu mau, kamu mencoba peluangmu di unversitas lain ya. Kamu harus tanamkan dalam diri bahwa menjadi sukses gak harus dari lulusan universitas negeri dan ternama kok. Jika kamu niat belajar dengan sungguh-sungguh, dimana pun kamu kuliah maka kamu akan berhasil dan sukses.

4. Belajar dari Kesalahan

Setelah dirimu sudah lebih tenang, coba yuk untuk meng-evaluasi kesalahan apa yang sudah terjadi. Belajarlah dari semua peristiwa yang sudah menimpamu dan coba untuk perbaiki semuanya agar kehidupanmu kedepannya bisa lebih baik lagi. Gagal boleh, tapi jadikan pelajaran agar sukses dikemudian hari ya.

5. Tetap Semangat

Dari semua peristiwa yang sudah kamu lewati, dan kekecawaan yang kamu alami, kamu boleh kok merasa sedih. Tapi, setelah itu kamu harus bangkit dan semangat lagi. Ingat, masa depanmu masih panjang dan cerah.

Gagal dalam seleksi perguruan tinggi bukanlah akhir dari segalanya. Masih banyak cara dan jalan untuk menempuh kesuksesan. Jadi, tetap semangat dan jangan pernah berkecil hati ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini